Peningkatan pemahaman mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial melalui model pembelajaran word square siswa kelas III MI Miftahul Jinan Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ilmi, Roihatul (2017) Peningkatan pemahaman mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial melalui model pembelajaran word square siswa kelas III MI Miftahul Jinan Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Roihatul Ilmi_D07213034.pdf

Download (2MB)

Abstract

Memahami pelajaran yang disampaikan oleh guru adalah salah satu kunci siswa dapat berhasil. Hal ini harus ditunjang dengan proses pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa. Kurangnya fasilitas dan metode yang bervariasi menyebabkan peserta didik kurang memahami materi yang disampaikan guru. Karena metode guru dalam mengajar masih menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan penugasan. Hal ini terbukti dari 20 siswa ada sebanyak 5 siswa (25%) yang mendapat nilai tuntas. Sedangkan sebanyak 15 siswa (75%) mendapatkan nilai tidak tuntas. Berdasarkan hasil wawancara tersebut, peneliti terdorong untuk melakukan perbaikan pengajaran melalui penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran Word Square. Model ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa melalui lembar kegiatan atau lembar kerja yang didalamnya berisi soal dan jawaban yang terdapat dalam kotak kata. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran Word Square dalam meningkatkan pemahaman mata pelajaran IPS pada siswa kelas III MI Miftahul Jinan Sidoarjo. (2) Bagaimana peningkatan pemahaman mata pelajaran IPS setelah menggunakan model pembelajaran Word Square pada siswa kelas III MI Miftahul Jinan Sidoarjo. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Metode yang digunakan adalah model Kurt Lewin, yaitu satu siklus terdiri dari empat tahapan, meliputi: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini terdiri dari 20 siswa kelas III MI Miftahul Jinan Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan data kualitatif interaktif dan data kuantitatif. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan model Word Square berjalan dengan baik dan mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Hal ini terbukti dari hasil observasi aktivitas siswa mengalami peningkatan dari 79,16 pada siklus I menjadi 90,2 pada siklus II, sedangkan aktivitas guru pada siklus I 83,75 meningkat menjadi 92,5 pada siklus II. (2) Adanya peningkatan pemahaman siswa dari setiap siklusnya. Hal ini terbukti dari rata-rata siswa 60,8 pada pra siklus menjadi 74,15 pada siklus I meningkat menjadi 86,75 pada siklus II. Ketuntasan belajar siswa dari 25% pada pra siklus menjadi 70% pada siklus I meningkat menjadi 85% pada siklus II.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ilmi, Roihatulroihatulilmi23@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Sosiologi
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran IPS; pembelajaran; model word square
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ilmi Roihatul
Date Deposited: 17 Jan 2019 08:03
Last Modified: 17 Jan 2019 08:04
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/15587

Actions (login required)

View Item View Item