HUBUNGAN ANTARA PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DENGAN PERILAKU TANGGUNG JAWAB SISWA DI MTs BANU HAYSIM SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Septyaningrum, Eldayasa (2017) HUBUNGAN ANTARA PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DENGAN PERILAKU TANGGUNG JAWAB SISWA DI MTs BANU HAYSIM SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (527kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf.pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf.pdf

Download (496kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf.pdf

Download (549kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf.pdf

Download (213kB) | Preview

Abstract

Masa remaja merupakan masa transisi (masa peralihan) dari suatu keadaan ke keadaan lainnya. Hal ini menyebabkan perilaku remaja menjadi tidak stabil sehingga mengarah kepada kenakalan-kenakalan yang biasa dilakukan oleh siswa, seperti sering terlambat datang ke sekolah, membolos, mencorat coret bangku sekolah, atau tidak mengerjakan pekerjaan rumah (PR). Contoh-contoh perilaku tersebut menunjukkan bahwa anak kurang memiliki tanggung jawab. Anak belum melakukan perbuatan sebagai perwujudan kesadaran akan kewajibannya. Pendidikan Agama Islam khususnya mata pelajaran Akidah-Akhlak memiliki peran penting dalam menciptakan manusia yang beriman dan bertaqwa yang memiliki perilaku/akhlak yang baik. Salah satu kategori berakhlak baik adalah memiliki perilaku tanggungjawab. Adapun tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana hubungan antara prestasi belajar mata pelajaran Akidah Akhlak dengan perilaku tanggung jawab siswa di MTs Banu Hasyim Sidoarjo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, angket, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data menggunakan tabel distribusi frekuensi, statistik korelasi Product Moment Pearson, dan tabel interpretasi nilai r Product Moment Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) prestasi belajar mata pelajaran Akidah Akhlak siswa di MTs Banu Hasyim Sidoarjo dalam kategori baik. Hal ini dibuktikan dengan perhitungan rata-rata prestasi belajar siswa sebesar 85,8 pada interval 85 – 94 . (2) perilaku tanggung jawab siswa MTs Banu Hasyim Sidoarjo juga dalam kategori baik. Hal ini ditunjukkan dengan skor rata-rata perilaku tanggung jawab siswa sebesar 103,34 yang berada pada interval 86 – 111. (3) Hasil perhitungan korelasi Product Moment adalah 0,122. Sedangkan nilai rtabel dengan df (n) = 75 pada taraf signifikansi 5% adalah 0,227 dan pada taraf signifikansi 1% adalah 0,296. Hal ini menunjukkan bahwa rhitung lebih kecil daripada rtabel (0,122 < 0,227 / 0,122 < 0,296 ), ini berarti tidak terdapat korelasi yang signifikan antara prestasi belajar mata pelajaran Akidah Akhlak (variabel X) dengan perilaku tanggung jawab siswa di MTs Banu Hasyim Sidoarjo (Variabel Y).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Septyaningrum, Eldayasaeldayasa.azzahra@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Akhlak
Perilaku
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Septyaningrum Eldayasa
Date Deposited: 15 Mar 2017 07:44
Last Modified: 15 Mar 2017 07:44
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/15583

Actions (login required)

View Item View Item