Penggunaan strategi Giving Questions and Getting Answer untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPA siswa kelas V MI Ma’arif NU Kragan Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zuhriyah, Kholifatus (2017) Penggunaan strategi Giving Questions and Getting Answer untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPA siswa kelas V MI Ma’arif NU Kragan Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (893kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (626kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (432kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (515kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa tehadap mata pelajaran IPA materi cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan. Untuk itu peneliti mengambil tindakan pembelajaran melalui strategi giving question and getting asnwer. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penggunaan strategi giving question and getting untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPA siswa kelas V MI Ma’arif NU Kragan Sidoarjo?. (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar mata pelajaran IPA siswa kelas V MI Ma’arif NU Kragan Sidoarjo setelah menggunakan strategi giving questions and getting answer?. Metode dalam penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Model penelitian tindakan kelas yang digunakan adalah model siklus Kurt Lewin dengan melakukan dua siklus, pada setiap siklus terdapat 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan tes tulis serta dengan menggunakan instrumen lembar observasi aktivitas guru dan siswa, instrumen panduan wawancara dan butir soal tes tulis. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) penggunaan strategi giving question and getting answer pada mata pelajaran IPA berjalan dengan baik sesuai dengan yang diharapkan. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan pada hasil observasi aktifitas siswa yang mengalami peningkatan dari perolehan nilai 70,17 dengan kategori cukup baik pada siklus I menjadi 94,20 dengan kategori sangat baik pada siklus II. Sedangkan hasil observasi aktifitas guru juga mengalami peningkatan dari perolehan nilai 78,2 dengan kategori cukup baik pada siklus I menjadi 96,09 dengan kategori sangat baik pada siklus II. (2) Peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan strategi giving question and getting answer pada mata pelajaran IPA dapat dikatakan sangat baik berdasarkan kriteria penilaian yang telah ditetapkan, terbukti dari prosentase ketuntasan siswa sebelum dilaksanakan siklus hanya mencapai nilai 5,88% tetapi ketika sudah dilaksanakan siklus dengan menggunakan strategi giving question and getting answer prosentase ketuntasan belajar mencapai nilai 76,47%. Tetapi dalam siklus I masih perlu perbaikan untuk meningkatkan hasil belajar siswa sesuai dengan target indikator keberhasilan, sehingga perlu mengadakan siklus II. Setelah siklus II dilaksanakan prosentase hasil belajar siswa mencapai melebihi indikator keberhasilan yang ditargetkan yaitu 94,11%. Begitu juga nilai rata-rata dari setiap siklus mengalami peningkatan, seperti pada pra siklus nilai rata-rata hanya mencapai 42,94, sedangkan pada siklus I nilai rata-rata mencapai 81,23 dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 93.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zuhriyah, Kholifatuskholifatuszuh@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Lingkungan Hidup
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Zuhriyah Kholifatus
Date Deposited: 16 Mar 2017 02:41
Last Modified: 17 Mar 2017 19:18
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/15579

Actions (login required)

View Item View Item