PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI MENCERITAKAN KEGIATAN YANG DILAKUKAN SAAT MUSIM HUJAN DAN MUSIM KEMARAU MELALUI METODE REKA CERITA GAMBAR SISWA KELAS 3 DI MI MUHAMMADIYAH 23 TANDES SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wahyuni, Heni Sri (2017) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI MENCERITAKAN KEGIATAN YANG DILAKUKAN SAAT MUSIM HUJAN DAN MUSIM KEMARAU MELALUI METODE REKA CERITA GAMBAR SISWA KELAS 3 DI MI MUHAMMADIYAH 23 TANDES SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (966kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (402kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kemampuan berbicara siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia yang masih rendah. Hal itu disebabkan kurangnya kepercayaan diri siswa ketika berbicara didepan kelas, serta kebiaasaan siswa yang masih memakai bahasa daerah (bahasa madura). Dari 24 siswa hanya 11 siswa (46%) yang tuntas, sedangkan 13 siswa (54%) belum tuntas. Untuk itu, peneliti menggunakan metode reka cerita gambar yang bertujuan untuk membantu anak dalam meningkatkan daya penalaran yang sesuai dengan topik gambar.Rumusan masalah: 1) Bagaimana keterampilan berbicara sebelum diterapkan metode reka cerita gambar?. 2) Bagaimana penerapan metode reka cerita gambar dalam meningkatkan keterampilan berbicara?. 3) Bagaimana peningkatan keterampilan berbicara setelah digunakan metode reka cerita gambar?. Sedangkan Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui keterampilan berbicara sebelum diterapkan metode reka cerita gambar. 2) Untuk mengetahui penerapan metode reka cerita gambar dalam meningkatkan keterampilan berbicara mata pelajaran bahasa Indonesia. 3)Untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbicara setelah digunakan metode reka cerita gambar. Metodepenelitian ini menggunakan metode PTK Kurt Lewin.Subjek penelitian ini terdiri dari 24 siswa kelas 3. Tindakan ini menggunakan dua siklus.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, penilaian unjuk kerja (Performance), serta dokumentasi.. Hasil penelitian menunjukan: 1) Penerapan metode reka cerita gambar pada mata pelajaran bahasa Indonesia ini melalui 2 siklus. dikarena aktivitas siswa pada siklus I belum tercapai 76,6 (cukup), meskipun aktivitas guru pada siklus I sudah tercapai dengan skor 81,25 (baik). Pada siklus II, hasil aktivitas siswa meningkat menjadi 90 (sangat baik) dan hasil aktivitas guru meningkat menjadi 90,6 (sangat baik). Pada siklus I rata-rata kelas 73,95, dengan katagori baik (B) dan siklus II menjadi 85, dengan katagori sangat baik (SB). Peningkatan persentase ketuntasan belajar siswa siklus I diperoleh persentase 67% (sedang) dan pada siklus II meningkat menjadi 88% (tinggi).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wahyuni, Heni Srihenisriwahyuni78@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: PTK; Metode reka Cerita Gambar; Keterampilan Berbicara
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Wahyuuni Heni Sri
Date Deposited: 23 Feb 2017 07:11
Last Modified: 23 Feb 2017 07:11
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/15554

Actions (login required)

View Item View Item