FA'ALIYAH TATHBIQ AL THARIQAH PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW) LI TARQIYAH MAHARAH AL QIRO’AH LI THULAB AL SHAF AL TSAMIN BI MADRASAH AL MUTAWASITOH AL MANSHUR CANDI SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Djazuli, Muhammad Dzikruddin (2017) FA'ALIYAH TATHBIQ AL THARIQAH PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW) LI TARQIYAH MAHARAH AL QIRO’AH LI THULAB AL SHAF AL TSAMIN BI MADRASAH AL MUTAWASITOH AL MANSHUR CANDI SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (696kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (497kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (741kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (737kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (895kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (601kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (583kB) | Preview

Abstract

Bahasa arab sebagai bahasa kedua merupakan bahasa yang dicukup sulit dipelajari menurut sebagian besar orang, sehingga untuk mempelajarinya dibutuhkan adanya suat metode yang sesuai dengan obyeknya. Sebagaimana secara umum terbagi menjadi empat ketrampilan ; ketrampilan mendengar, ketrampilan berbicara, ketrampilan membaca, dan ketrampilan menulis. Tidak heran bila berbagai macam problem datang bermunculan dalam mempelajari bahasa Arab, baik dari istima’, kalam, qira’ah, dan kitabah, bahkan metode yang salahpun bisa menjadi problem dalam mempelajari bahasa arab. salah satu menyelesaikan problem ini adalah dengan metode. Metode mampu untuk memberikan proses pembelajaran dan fasilitas kegiatan pembelajaran yang lebih menarik seperti Metode PQ4R. Metode ini bisa digunakan untuk proses pembelajaran Bahasa Arab yang lebih kreatif dan sebagai alat evaluasi pembelajaran Bahasa Arab yang lebih efesien. Dalam penelitian ini peneliti ingin mengetahui Efektifitas Penerapan Metode PQ4R dalam Pembelajaran Bahasa Arab untuk Meningkatkan Ketrampilan Membaca pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Al Manshur Candi Sidoarjo. Adapun rumusan dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kecakapan peserta didik kelas VIII SMP Al Manshur Candi Sidoarjo dalam ketrampilan membaca, 2) Bagaimana penerapan Metode PQ4R dalam meningkatkan ketrampilan membaca peserta didik kelas VIII SMP Al Manshur Candi Sidoarjo, 3) Bagaimana efektifitas penerapan Metode PQ4R dalam meningkatkan ketrampilan membaca peserta didik kelas VIII SMP Al Manshur Candi Sidoarjo. Penelitian ini mengunakan jenis penelitian kuantitatif, dengan metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Untuk mengetahui efektifitas penerapan Metode PQ4R dalam meningkatkan ketrampilan membaca adalah menggunakan rumus paired simple test dan untuk memperoleh sampel dengan menggunakan teknik sampel purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Metode PQ4R terbukti efektif, hal ini bisa dilihat dari dari analisis yang dilakukan peneliti menujukkan bahwa Thitung (9.309) > Ttabel (2.045) dengan tingkat signifikansi (2-Tailed) 0.000 < 0,005. maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya penerapan Metode PQ4R efektif dalam meningkatkan ketrampilan membaca peserta didik kelas VIII SMP Al Manshur Candi Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Djazuli, Muhammad Dzikruddinmd.djazuli@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Uncontrolled Keywords: Metode PQ4R; Kemampuan Membaca
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Djazuli Muhammad Dzikruddin
Date Deposited: 27 Feb 2017 08:18
Last Modified: 27 Feb 2017 08:18
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/15550

Actions (login required)

View Item View Item