Upaya meningkatkan minat belajar Matematika materi pengolahan data melalui metode Team Quiz kelas VI MI Bina Bangsa Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Agustina, Yuni (2017) Upaya meningkatkan minat belajar Matematika materi pengolahan data melalui metode Team Quiz kelas VI MI Bina Bangsa Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (751kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (431kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penulisan ini adalah kurang adanya minat belajar pada mata pelajaran matematika.Siswa sering mengeluh bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit. Guru sering menggunakan ceramah, akhirnya siswa menjadi pasif dan tidak memiliki daya tarik serta semangat ketika proses pembelajaran berlangsung. Untuk mengatasi hal tersebut, penulis mengambil pembelajaran melalui metode team quizpada mata pelajaran matematika materi pengolahan data. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan metode Team Quiz pada mata pelajaran matematika materi pengolahan data kelas VI MI Bina Bangsa Surabaya? (2) Bagaimana peningkatan minat belajar matematika materi pengolahan data kelas VI MI Bina Bangsa Surabaya setelah menggunakan metode Team Quiz? Metode penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kurt Lewin yang terdiri dari dua siklus dengan empat tahapan yaitu,(1)Perencanaan,(2) Pelaksanaan,(3) Observasi, dan(4) Refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakanadalah observasi,wawancara,danangket minat belajar untuk siswa dan orang tua, serta dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktifitas guru dan siswa, lembar wawancara, butir-butir angketminat belajar, serta dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif yang diuraikan secara deskriptif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Penerapan metode team quiz pada siswa kelas VI MI Bina Bangsa Surabaya telah dilaksanakan dengan baik melalui berbagai perbaikan dari tiap refleksi pada masing-masingsiklus. Hal ini dapat dilihat pada skor akhir aktivitas guru meningkat dari 89.58 (baik) pada siklus I menjadi 95.83 (sangat baik) pada siklus II.Begitu pula pada aktivitas siswa meningkat dari skor 81.25 (baik) pada siklus I menjadi 93.75 (sangat baik) pada siklus II. (2) Penerapan metode team quiz pada mata pelajaran matematika dapat meningkatkan minat belajar siswa yang terlihat dari peningkatan nilai rata-rataminat belajar siswa dari siklus I sebesar 76,77(minat rendah) dan siklus II 85,77 (minat tinggi). Presentase peningkatan siswa yang memilikiminat belajar tinggi atau sangat tinggi pada siklus I sebesar 45.83% dan siklus II sebesar 83,33%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Agustina, Yuniyuni.agustina96@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Minat Belajar Matematika; Metode Team Quiz; Pengolahan Data
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Agustina Yuni
Date Deposited: 23 Feb 2017 06:58
Last Modified: 13 Jun 2017 04:25
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/15547

Actions (login required)

View Item View Item