PERAN KIAI KAMPUNG DALAM MEMBANGUN KEHIDUPAN SOSIAL KEAGAMAAN MASYARAKAT DI DESA KEDUNGREJO KECAMATAN SUMBERREJO KABUPATEN BOJONEGORO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khakim, Saikul (2017) PERAN KIAI KAMPUNG DALAM MEMBANGUN KEHIDUPAN SOSIAL KEAGAMAAN MASYARAKAT DI DESA KEDUNGREJO KECAMATAN SUMBERREJO KABUPATEN BOJONEGORO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (409kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (566kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (315kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang peran sosial yang dilakukan oleh kiai, Yang dimaksud kiai dalam skripsi ini adalah sosok alim ulama atau orang yang pandai dalam ilmu agama Islam. Kiai di sini menunjuk pada sosok kiai yang hidup di kampung yang mengasuh sebuah pesantren, atau hanya sekedar imam masjid dan mushalla yang sekaligus merangkap sebagai guru ngaji.Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui peran yang dilakukan oleh kiai dan juga mengetahui bagaimana pandangan masyarakat terhadap keberadaan kiai.Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan metode analisis kualitatif yang menghasilkan data berupa kata-kata tertulis atau lisan dari keadaan yang dapat diamati yang bertujuan menghasilkan data deskriptif untuk memperoleh keterangan yang menggambarkan keadaan di lapangan secara sistematis dan obyektif.Sedangkan metode pengumpulan datanya adalah menggunakan metode interview (wawancara), observasi dan dokumentasi. Adapun lokasi penelitiannya di desa Kedungrejo kecamatan Sumberrejo Kabupaten Bojonegoro. Di sana terdapat delapan belas kiai yang dapat mewarnai kehidupan masyarakat. Dengan berbagai metode tersebut, maka hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kiai di Kedungrejo merupakan sosok yang sangat diperlukan keberadaannya oleh masyarakat. Di Kedungrejo, kiai berperan sebagai pendidik ilmu keagamaan dan pemimpin dalam kegiatan keagamaan.
Masyarakat juga menganggap bahwa kiai dapat meningkatkan ketentraman dan kerukunan masyarakat, karena dapat berperan sebagai pembimbing dalam melaksanakan kegiatan dan dapat menjadi penengah dalam konflik yang dialami masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khakim, SaikulSamudraelkhakim@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Sosiologi Islam
Uncontrolled Keywords: Kiai; Peran Sosial.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Khakim Saikul
Date Deposited: 23 Feb 2017 04:00
Last Modified: 23 Feb 2017 04:00
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/15511

Actions (login required)

View Item View Item