KORELASI ANTARA TELADAN ORANGTUA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMA ISLAM SIDOARJO

Rohmat, Dwi (2017) KORELASI ANTARA TELADAN ORANGTUA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMA ISLAM SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (949kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (487kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (664kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (424kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (951kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (245kB) | Preview

Abstract

Arti dari keteladanan yaitu tindakan atau setiap sesuatu yang dapat ditiru atau diikuti oleh seorang dari orang lain yang melakukan atau mewujudkannya, sehingga orang yang diikuti disebut dengan teladan. Keteladanan yang dimaksud adalah keteladanan yang dapat dijadikan sebagai alat pendidikan Islam. Hal tersebut diteliti karena peneliti ingin menunjukkan teladan orangtua yang baik akan berdampak baik pula terhadap anak.Tujuan penulisan laporan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah korelasi antara teladan orangtua dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.Sampel pada penelitian ini adalah siswa-siswi kelas XI IPA di SMA Islam Sidoarjo yang berjumlah 28 siswa. Metode yang digunakan oleh penulis dalam laporan penulisan ilmiah ialah metode pengumpulan data dan wawancara yang dilaksanakan di SMA Islam sidoarjo, lebih khusus pada kelas XI IPA, Guru pengajar mata pelajaran PAI, Kepala Sekolah, dan Wali Murid.Berdasarkan laporan kerja yang sudah dilaksanakan oleh penulis. Menjelaskan bahwa, teladan orangtua memiliki korelasi yang sedang terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas XI IPA di SMA Islam Sidoarjo. Hal ini dibuktikan dengan hasil dari penyebaran angket pada siswa yang menunjukkan 80% dari orangtua siswa kelas XI IPA memberikan teladan yang baik bagi anak mereka, dan selebihnya tidak. Keteladanan tersebut memiliki korelasi terhadap hasil belajar siswa sebesar 46%, selebihnya dipengaruhi faktor lain yaitu dari diri sendiri (faktor internal), yakni kondisi atau keadaan jasmaniah (aspek fisiologis) dan keadaan rohaniah (aspek psikologis siswa), faktor sosial, faktor non sosial, dan pendekatan belajar. Dengan adanya penelitian ini patutlah sebagai orangtua memberikan teladan yang baik bagi anak-anya.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Teladan Orangtua; Prestasi Belajar; Siswa; Pendidikan Agama Islam
Subjects: Belajar
Pendidikan Islam
Orang tua dan Anak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rohmat Dwi NN
Date Deposited: 23 Feb 2017 03:41
Last Modified: 23 Feb 2017 03:41
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/15499

Actions (login required)

View Item View Item