PENDAMPINGAN KOMUNITAS PETANI DUSUN NUNUK DALAM MENGATASI PROBLEM PEMENUHAN KEBUTUHAN SAYUR DI DESA POMAHAN KECAMATAN BAURENO KABUPATEN BOJONEGORO

Fatoni, Mochamad (2017) PENDAMPINGAN KOMUNITAS PETANI DUSUN NUNUK DALAM MENGATASI PROBLEM PEMENUHAN KEBUTUHAN SAYUR DI DESA POMAHAN KECAMATAN BAURENO KABUPATEN BOJONEGORO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (620kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (446kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 7.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 8.pdf

Download (478kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 9.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (202kB) | Preview

Abstract

Penelitian pendampingan ini menggambarkan tentang keadaan yang terjadi di Dusun Nunuk yaitu masalah ketidaksadaran masyarakat masyarakat Dusun Nunuk akan ketergantungan dalam pemenuhan kebutuhan sayur dari luar setiap harinya. Padahal seharusnya potensi alam yang mereka miliki yaitu lahan pekarangan yang belum dimanfaatkan secara maksimal yang cukup luas mampu membuat mereka swasembada sayur tanpa harus bergantung pemenuhan kebutuhan sayur dari luar, baik itu dari pasar ataupun dari tukang sayur keliling. Sehingga lahan pekarangan yang mereka miliki tidak terbengkalai dan menjadi tempat pembuangan sampah yang berpotensi menjadi sarang penyakit yang bisa berdampak pada kelangsungan hidup mereka sehari-hari.Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian Participatory Action Risearch (PAR). Dengan langkah-langkah proses pemecahan masalah antara lain : Riset pendahuluan, inkulturasi, merumuskan masalah, merancang strategi, pengorganisasian masyarakat, melakukan aksi, evaluasi dan refleksi. Penelitian bertujuan untuk mengatasi masalah yang terjadi di Dusun Nunuk yaitu ketergantungan pemenuhan kebutuhan sayur dari luar, baik itu dari pasar ataupun dari tukang sayur keliling.
Upaya yang dilakukan peneliti dalam melakukan kegiatan ini tentu butuh partisapasi bersama seperti diskusi, merencanakan program, memanfaatkan media internet sebagai alat untuk melakukan perubahan, dan juga aksi pemanfaatan lahan pekarangan dengan ditanami sayur. Sehingga nantinya diharapkan lahan pekarangan yang mereka miliki dapat dimanfaatkan dan mampu secara perlahan mengatasi masalah pemenuhan ketergantungan kebutuhan sayur dari pasar atau pedagang sayur keliling.Adapun hasil capaian dari pendampingan ini adalah lahan pekarangan yang mampu dimanfaatkan dengan baik yaitu dengan ditanami sayur, sehingga secara perlahan masyarakat Dusun Nunuk sudah tidak lagi bergantung secara penuh dalam pemenuhan kebutuhan sayurnya dari pasar atau pedagang sayur keliling setiap hari. Walaupun dalam aksi perubahan ini, belum semua masyarakat Dusun Nunuk turut-serta melakukan pemanfaatan lahan pekarangannya untuk bertanam sayur.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendampingan; Ketergantungan; Pemenuhan Kebutuhan Sayur
Subjects: Pemberdayaan
Pertanian
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Fatoni Mochamad
Date Deposited: 22 Feb 2017 08:16
Last Modified: 22 Feb 2017 08:16
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/15488

Actions (login required)

View Item View Item