Kontribusi ketangguhan dalam belajar (academic hardiness), percaya diri dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar Matematika siswa di SMAN 3 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azmi, Ulyatul (2017) Kontribusi ketangguhan dalam belajar (academic hardiness), percaya diri dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar Matematika siswa di SMAN 3 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (499kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (567kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (777kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (431kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (311kB) | Preview

Abstract

Matematika merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan yang penting. Oleh karena itu matematika diajarkan dari tingkat sekolah dasar sampai dengan tingkat perguruan tinggi. Salah satu aspek yang penting dalam pembelajaran matematika adalah hasil belajar matematika. Hasil belajar matematika dipengaruhi oleh 2 faktor yaitu faktor eksternal dan faktor internal. Faktor internal yang mempengaruhi hasil belajar matematika terdiri dari faktor fisiologis dan faktor psikologis. Diantara faktor psikologis yang mempengaruhi hasil belajar matematika adalah ketangguhan dalam belajar (academic hardiness), percaya diri dan motivasi berprestasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi ketangguhan dalam belajar (academic hardiness), percaya diri dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA di SMAN 3 Sidoarjo tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 8 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dan diperoleh sampel kelas X MIA-4 yang terdiri dari 28 siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) besarnya kontribusi ketangguhan dalam belajar (X_1) dan percaya diri (X_2) secara bersama-sama (simultan) terhadap hasil belajar matematika (Y) adalah 51,49%. (2) ketangguhan dalam belajar (X_1) dan motivasi berprestasi (X_3) secara bersama-sama (simultan) tidak memberikan kontribusi secara signifikan terhadap hasil belajar matematika (Y). (3) besarnya kontribusi percaya diri (X_2) dan motivasi berprestasi (X_3) secara bersama-sama (simultan) terhadap hasil belajar matematika (Y) belum bisa ditentukan. Hal ini disebabkan karena koefisien arah regresi percaya diri (X_2) dan motivasi berprestasi (X_3) terhadap hasil belajar matematika (Y) tidak berarti/tidak berarti. (4) ketangguhan dalam belajar (X_1), percaya diri (X_2) dan motivasi berprestasi (X_3) secara bersama-sama tidak memberikan kontribusi secara signifikan terhadap hasil belajar matematika.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azmi, Ulyatululyatul28@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Motivasi Belajar
Pendidikan > Hasil Belajar
Uncontrolled Keywords: Percaya diri, motivasi berprestasi, belajar Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Azmi Ulyatul
Date Deposited: 22 Feb 2017 06:35
Last Modified: 23 Oct 2017 08:58
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/15462

Actions (login required)

View Item View Item