Pemanfaatan galengan sebagai tambahan penghasilan petani: pendampingan masyarakat di Dusun Gayam Desa Soko Kecamatan Glagah Kabupaten Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ahmad, Ubaidillah (2017) Pemanfaatan galengan sebagai tambahan penghasilan petani: pendampingan masyarakat di Dusun Gayam Desa Soko Kecamatan Glagah Kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 7.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 8.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (137kB) | Preview

Abstract

Dusun Gayam Merupakan Dusun yang termasuk dalam wilayah Desa Soko. Dusun ini menurut Letak geografis merupakan dusun yang dikeillingi oleh tambak. Melihat letak geografis tersebut masyarakat Dusun Gayam mayoritas mata pencariannya sebagai budidaya ikan. Dengan begitu pendamping berupaya untuk menyadarkan masyarakat bahwasanya aset ekonomi di daerah tersebut sangat banyak dan sangat menghasilkan. Salah satunya galengan tambak, galengan tambak bukan hanya digunakan sebagai pembatas tambak akan tetapi bisa menghasilkan.Pendampingan pada Masyarakat Dusun gayam menggunakan Metode ABCD (Asset Based Community Development). Metode ini digunakan karena sangat mudah diterima oleh masyarakat. Masyarakat menerima pendampingan ini dikarenakan pendekatan ini menggunakan pendekatan dengan melihat potensi yang ada di Dusun Gayam.Pendampingan Menggunakan Metode tersebut yaitu masyarakat bisa memulai memetakan potensi / aset yang ada pada masyarakat Dusun Gayam. Pendampingan ini mengambil kegiatan berupa pemanfaatan Galengan dengan cara menanami galengan dengan berbagai macam tumbuhan yang menghasilkan dan bermanfaat bagi keseharian petani seperti cabai, tomat, bayam sawi dll. Kegiatan ini dilakukan supaya masyarakat bisa berfikir kreatif dan menghilangkan rasa ketergantungan masyarakat terhadap pihak lain dalam memenuhi kebutuhan pangan mereka.Dari sinilah masyarakat mulai untuk memikirkan akan kehidupannya. Proses pendampingan yang dilakukan mampu memberikan dampak positif bagi masyarakat untuk menata kembali pola pemikirannya. Pola pemikiran mereka akan kebergantung terhadap kebutuhan pangan dari pihak lain ternyata mengalami pengakaran (mendarah daging) pada diri mereka. Padahal mereka memiliki potensi yang banyak untuk melakukan suatu perubahan. Perubahan tersebut harus mulai dilakukan, dengan mengurangi tingkat kebergantungan mereka terhadap pihak lain dalam memenuhi kebutuhan pangan mereka. Secara mandiri mereka bisa memenuhi kebutuhan pangan tersebut dengan pengetahuan yang selama ini telah mereka miliki tentang bagaimana cara bercocok tanam yang baik dan benar, supaya mampu menghasilkan kebutuhan pangan yang bisa mencukupi kehidupannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ahmad, Ubaidillahubayd91@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi
Ekonomi > Ekonomi Pertanian
Keywords: Galengan; Pemanfaatan; Penghasilan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ubaidillah Ahmad
Date Deposited: 22 Feb 2017 04:46
Last Modified: 13 Jun 2017 05:06
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/15439

Actions (login required)

View Item View Item