Komunikasi organisasi karang taruna Wadoeljo dalam tinjauan teori budaya organisasi Pacanowski dan O'dennell Trujillo di Dusun Margomulyo Dea Wage Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amrullah, M (2017) Komunikasi organisasi karang taruna Wadoeljo dalam tinjauan teori budaya organisasi Pacanowski dan O'dennell Trujillo di Dusun Margomulyo Dea Wage Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (434kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (108kB) | Preview

Abstract

Karang Taruna adalah organisasi sosial kemasyarakatan sebagai wadah dan sarana pengembangan setiap anggota masyarakat yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat terutama generasi muda di wilayah desa/kelurahan. Dan komunikasi dianggap sebagai masalah pokok dalam organisasi karena komunikasi memungkinkan para anggota dalam organisasi saling bertukar pikiran tentang tujuan-tujuan yang ingin dicapai organisasinya,. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui proses komunikasi organisasi antara pengurus dan anggota dalam tinjauan teori budaya organisasi Pacanowski dan O’Donnell Trujillo. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dan diperoleh informan berjumlah enam orang. Data diperoleh melalui wawancara mendalam, studi pustaka, observasi, dan studi literature. Adapun teknik analisis data yang dilakukan, melalui beberapa tahap yaitu, pengumpulan data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses komunikasi organisasi karang taruna Wadoeljo terjalin melalui budaya organisasi yang dimiliki oleh Karang Taruna Wadoeljo Itu sendiri. Budaya Organisasi menurut Pacanowski dan O’Donnell Trujillo itu terkait dengan adanya simbol dalam organisasi, ritual atau kebiasaan yang terjalin dan nilai-nilai dari organisasi Wadoeljo. Komunikasi organiasasi sendiri berjalan sesuai dengan aliran komunikasi organisasi. Namun ada beberapa hambatan selama proses kegiatan berlangsung dengan adanya permasalahan dan konflik yang timbul. Beberapa upaya dilakukan ketua dan pengurus lainnya yang berguna untuk menjadikan komunikasi organisasi karang taruna Wadoeljo berjalan efektif. Sehingga berguna untuk terlaksananya program kerja yang sudah disusun dan dibuat. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu proses komunikasi organisasi ada dalam Karang Taruna Wadoeljo ini melalui budaya organisasi yang terjalin. Ketika proses komunikasi organisasi Wadoeljo berlangsung sehingga menghasilkan budaya organisasi yang berkaitan dengan kebiasaan dan ritual yang diciptakan. Sedangkan komunikasi ada secara langsung maupun menggunakan media namun tidak merata kepada seleuruh elemen. Secara hambatan komunikasi organisasi diselesaikan dalam rapat dan secara personal. Dan penelitian ini semoga diteruskan oleh peneliti yang lain yang berfokus pada komunikasi organisasi Karang Taruna.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amrullah, Maamrullah010@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Budaya Organisasi
Ilmu Komunikasi
Keywords: Komunikasi organisasi; karang taruna
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Amrullah M
Date Deposited: 21 Feb 2017 06:37
Last Modified: 13 Oct 2017 09:00
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/15406

Actions (login required)

View Item View Item