Pengembangan pembelajaran matematika berbasis proyek untuk melatihkan kreativitas ilmiah siswa pada materi statistika kelas VIII di SMP 4 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anisah, Siti Nur (2017) Pengembangan pembelajaran matematika berbasis proyek untuk melatihkan kreativitas ilmiah siswa pada materi statistika kelas VIII di SMP 4 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (518kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (433kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (757kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (878kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (464kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Mengingat pentingnya mempunyai kreativitas ilmiah siswa dalam menyelesaikan rangkaian tugas-tugas penyelidikan untuk memecahkan masalah ilmiah yang ada dalam kehidupan sehari-sehari. Salah satu model pembelajaran yang memberikan ruang untuk melatihkan kreativitas ilmiah siswa dalam tugas-tugas penyelidikan adalah model pembelajaran berbasis proyek. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk melatihkan kreativitas ilmiah siswa dalam tugas penyelidikan yang akan menghasilkan suatu produk dari pembelajaran berbasis proyek.Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model Plomp yang terdiri dari tiga fase yaitu fase penelitian pendahuluan, fase pembuatan prototype, dan fase penilaian. Pengembangan pada penelitian ini meliputi RPP dan LKS. Uji coba dilakukan ada 34 siswa kelas VIII-A SMPN 4 Sidoarjo, metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah catatan lapangan (field note), validasi, observasi, angket, dan tes. Instrumen penelitian menggunakan hasil dari catatan lapangan (field note), lembar validasi, lembar observasi, angket respon siswa, teshasil belajar siswa, lembar observasi penilaian proyek, lembar observasi kreativitas ilmiah siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kevalidan perangkat pembelajaran, analisis kepraktisan perangkat pembelajaran dan analisis keefektifan perangkat pembelajaran. Data penelitian dianalisis dan diperoleh hasil sebagai berikut: kevalidan RPP sebesar 3,87 dalam artian valid; kevalidan LKS sebesar 3,91 dalam artian valid. Perangkat pembelajaran memenuhi kriteria praktis dengan rata-rata penilaian “B” yang berarti dapat digunakan dengan sedikit revisi. Pembelajaran memenuhi kriteria efektif dikarenakan persentase aktivitas siswa sebesar 97,7%; keterlaksanaan sintaks pembelajaran melebihi batas pengkategorian; respon positif siswa sebesar 81,6%; hasil tes belajar siswa mencapai ketuntasan secara klasikal dengan persentase 88,23%, kemampuan siswa melakukan proyek 84,45 tergolong kriteria sangat baik,kreativitas ilmiah siswa sebesar 81,17 dengan kriteria sangat kreatif. Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis proyek untuk melatihkan kreativitas ilmiah siswa pada materi statistika di SMPN 4 Sidoarjo dapat digunakan untuk melatihkan kreativitas ilmiah siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anisah, Siti Nursitinuranisah308@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Matematika
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran berbasis proyek; kreativitas ilmiah siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Anisah Siti Nur
Date Deposited: 21 Feb 2017 03:26
Last Modified: 18 Oct 2017 04:41
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/15401

Actions (login required)

View Item View Item