Integrasi model pembelajaran tadir dengan nilai-nilai Islami untuk pembentukan sikap sosial siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mufidah, Endah Fitri (2017) Integrasi model pembelajaran tadir dengan nilai-nilai Islami untuk pembentukan sikap sosial siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (917kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (494kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (644kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (697kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (960kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (428kB) | Preview

Abstract

SMP Islam adalah Sekolah Menengah Pertama dengan pelajaran agama Islam lebih banyak dan kegiatan sekolah yang tidak lepas dari bingkai ajaran Islam. SMP Al-Irsyad Surabaya adalah salah satu sekolah Islam di Surabaya yang setiap hari telah diajarkan dan dibiasakan tentang nilai-nilai Islam. Sehingga siswa lebih menyukai pelajaran yang Islami daripada pelajaran umum seperti matematika. Respon siswa tidak baik yang mengakibatkan siswa tidak paham dengan pelajaran dan kesulitan untuk menyelesaikan masalah matematika. SMP ini juga jarang menyisipkan nilai-nilai keislaman pada saat pembelajaran matematika berlangsung, biasanya pada saat membuka pelajaran. Tetapi pengaruhnya terhadap sikap sosial siswa hanya terlihat pada sebagian siswa dan beberapa saat saja. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan perangkat pembelajaran model TADIR dengan mengintegrasikan nilai-nilai Islam dan mendeteksi perubahan sikap sosial siswa setelah diterapkannya pembelajaran tersebut.Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Metode penelitian yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE dengan langkah sebagai berikut: 1) Analysis (analisis), 2) Design (perancangan), 3) Development (pengembangan), 4) Implementation (implementasi), dan 5) Evaluation evaluasi). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-C SMP Al-Irsyad Surabaya yang berjumlah 25 siswa.Hasil penelitian yang diperoleh adalah (1) deskripsi proses pengembangan perangkat pembelajaran model TADIR dengan mengintegrasikan nilai-nilai Islam menggunakan model pengembangan ADDIE dan (2) pembelajaran model TADIR dengan mengintegrasikan nilai-nilai Islam dapat membentuk sikap sosial siswa dengan adanya perubahan perilaku siswa menjadi lebih baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mufidah, Endah Fitriendah.mufidah@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan Islam
Uncontrolled Keywords: Integrasi; Model TADIR; Nilai-Nilai Islam; Sikap Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mufidah Endah Fitri
Date Deposited: 21 Feb 2017 06:08
Last Modified: 27 Nov 2017 08:55
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/15387

Actions (login required)

View Item View Item