PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BERBASIS BLENDED PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK YESTA SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ana, Mc (2014) PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BERBASIS BLENDED PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK YESTA SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (46kB) | Preview

Abstract

Salah satu upaya pemecahan masalah belajar yaitu membuat peserta didik semangat untuk belajar dan tidak bosan dengan apa yang dipelajari dalam pembelajaran, berdasarkan pengamatan dilapangan,pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Yesta Surabaya belum efektif karena peserta didik yang kurang semangat juga memandang pelajaran PAI tidak menarik.
Metode pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model
pengembangan ADDIE. Adapun prosedur pengembangan model ADDIE, yaitu: 1) analisis, 2) desain, 3) pengembangan, 4) Implementasi, 5) evaluasi. Produk pengembangan pembelajaran PAI berbasis blended ini kemudian mengalami proses uji coba, tahapan-tahapan uji coba adalah: a) uji ahli isi b) uji ahli desain c) uji ahli media d) uji coba perorangan e) uji coba kelompok besar/uji coba lapangan.
Hasil uji coba ahli isi untuk produk pengembangan pembelajaran berbasis penggabungan (blended) dalam kualifikasi baik yaitu 81,29%, hasil uji oba ahli media dalam kualifikasi sangat baik yaitu 96,43%, Hasil uji coba desain dalam kualifikasi sangat layak 74,00%, hasil uji coba perorangan dalam kategori sangat baik yaitu 81,67% dan terakhir hasil uji coba kelompok besar/lapangan dalam kategori sangat baik yaitu 88,29%.
Keunggulan produk pengembangan web pembelajaran ini, a) depan digunakan sebagai sumber belajar agar proses pembelajaran menjadi lebih inovatif dan bermutu. b) daya tarik yang dihasilkan produk ini sangat besar, sehingga guru
lebih mudah untuk memfasilitasi pembelajaran. c) informasi terbaru peserta didik dapat mengakses yang sering kali diperbaharui. d) komponen dalam web pembelajaran yang dapat menarik perhatian,menghilangkan kebosanan serta peserta ddik lebih giat belajar nantinya Produk ini dapat digunakan sesuai fungsi dan tujuanya. Adapun karakteristik produk ini adalah 1) web pembelajaran ini dikembangkan berdasarkan karakteristik peserta didik di tempat penelitian, sehingga jika ingin digunakan di tempat lain, maka diperlukan penyesuaian berdasarkan karakteristik tempat tersebut. 2) produk pengembangan ini harus mendapat dukungan bagus
yakni dukungan secara teknis serta manajemen, karna masalah pada sebuah jaringan dapat menyebabkan troble dan tidak dapat digunakan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Moch. Tolchah
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ana, McUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: Pengembangan; Pembelajaran Berbasis Penggabungan (blended).
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Yuhyil Ayda------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 06 Apr 2015 09:12
Last Modified: 06 Apr 2015 09:12
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/1537

Actions (login required)

View Item View Item