PELATIHAN KOMUNIKASI BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM UNTUK MENGEMBANGKAN INTERPERSONAL SKILL

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wahyuni, Wahyuni (2017) PELATIHAN KOMUNIKASI BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM UNTUK MENGEMBANGKAN INTERPERSONAL SKILL. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (640kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (655kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (535kB) | Preview

Abstract

Fokus pada penelitian ini mengkaji dua hal yaitu: 1) Menjelaskan proses penelitian pelatihan komunikasi bimbingan dan konseling Islam untuk mengembangkan interpersonal skill 2) Mendeskripsikan hasil implementasi penelitian pelatihan komunikasi bimbingan dan konseling Islam unutk mengembangkan interpersonal skill. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) yaitu metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu melalui penelitian yang bersifat analisis kebutuhan dan kemudian menguji keefektifannya agar dapat menghasilkan produk yang berdaya guna bagi kehidupan masyarakat luas. Penelitian ini dimulai dengan melakukan identifikasi dan penggalian informasi terhadap masalah yang akan dikaji yakni interpersonal skill yang dimiliki mahasiswa prodi bimbingan dan konseling Islam dalam berkomunikasi dengan orang lain baik dalam melakukan proses konseling maupun dalam kehidupannya sehari-hari. Setelah memperoleh data tentang interpersonal skill mahasiswa prodi bimbingan dan konseling Islam peneliti mulai merancang desain produk awal yang akan dikembangkan. Setelah melalui beberapa tahapan sesuai dengan prosedur penelitian R&D barulah pelatihan komunikasi bimbingan dan konseling Islam untuk mengembangkan interpersonal skill dapat dilaksanakan. Pelatihan komunikasi bimbingan dan konseling Islam untuk mengembangkan interpersonal skill berjalan sesuai dengan harapan peserta aktif dan kooperatif selama mengikuti pelatihan. Pelatihan ini berbentuk pemberian materi mengenai komunikasi bimbingan dan konseling islam, diskusi, pemberian pretest dan posttest, praktek konseling, dan pengisian lembar evaluasi diri konselor yang diisi oleh peserta di akhir pelatihan. Setelah pelatihan dilakukan terdapat beberapa perubahan yang tampak dari perilaku peserta yaitu peserta mendengarkan dan memperhatikan orang yang sedang berbicara dalam forum, peserta menunjukkan empati kepada lawan bicaranya ketika berkomunikasi, dan peserta juga menerapkan beberapa keterampilan komunikasi konseling yang telah di pelajari dalam pelatihan ketika melakukan proses konseling. Berdasarkan perubahan yang ditunjukkan oleh peserta dapat disimpulkan bahwa terdapat perubahan pada interpersonal skill peserta setelah dilakukan pelatihan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wahyuni, Wahyuniwahyuniyuni9585@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Ilmu Komunikasi
Keterampilan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Wahyuni Wahyuni
Date Deposited: 21 Feb 2017 03:46
Last Modified: 21 Feb 2017 03:46
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/15348

Actions (login required)

View Item View Item