PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN TEKNIK MNEMONIC

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sodik, Ahmad (2017) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN TEKNIK MNEMONIC. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (490kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (503kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (701kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (723kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (457kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (447kB) | Preview

Abstract

Siswa membutuhkan daya ingat yang tinggi dalam proses pembelajaran, karena daya ingat yang tinggi bisa membantu siswa dalam proses pembelajaran untuk mengingat materi yang telah diterima dan menghafal rumus-rumus yang telah didapatkan. Salah satu teknik untuk meningkatkan daya ingat siswa adalah teknik mnemonic. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan perangkat, kepraktisan perangkat, respon siswa, aktivitas siswa, keterlaksanaan perangkat pembelajaran, dan hasil belajar siswa setelah diterapkan pembelajaran dengan teknik mnemonic. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan reaseach and development (R&D) yang terdiri dari sepuluh tahap yaitu tahap potensi dan masalah, tahap pengumpulan data, tahap desain produk, tahap validasi desain, tahap perbaikan desain, tahap uji coba produk, tahap uji coba pemakaian, revisi produk, dan produksi massal. Hanya saja peneliti memakai enam tahap dari sepuluh tahap, karena dengan enam tahap tersebut sudah merasa layak digunakan dalam penelitian ini, selain itu produk yang dihasilkan tidak untuk digunakan secara massal. Perangkat yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah RPP dan LKS. Uji coba dilakukan pada siswa kelas VIII B SMP 1 Wachid Hasyim Surabaya. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah validasi, observasi, angket dan tes. Data penelitian dianalisis dan diperoleh hasil sebagai berikut: kevalidan RPP sebesar 4 dalam artian valid; kevalidan LKS sebesar 3,7 dalam artian valid. Perangkat pembelajaran memenuhi kriteria praktis dengan rata-rata penilaian “B” yang berarti dapat digunakan dengan sedikit revisi. Pembelajaran memenuhi kriteria efektif dikarenakan respon positif siswa sebesar 78%; prosentase aktivitas siswa yang mendukung pembelajaran lebih besar daripada prosentase yang tidak mendukung pembelajaran; keterlaksanaan rencana pembelajaran pada pertemuan pertama dan kedua terlaksana 100%, kemampuan guru menerapkan pembelajaran sebesar 2,7 yang berarti baik; dan ketuntasan hasil belajar siswa, dimana 83% dari 36 siswa mencapai tuntas sedangkan 17% dari 36 siswa tidak tuntas. Pengembangan perangkat pembelajaran matematika dengan teknik mnemonic dapat digunakan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sodik, Ahmadahmadsodik514@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Perangkat Pembelajaran; Teknik Mnemonic; Luas Permukaan Serta Volume Kubus Dan Balok
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sodik Ahmad
Date Deposited: 21 Feb 2017 03:55
Last Modified: 21 Feb 2017 03:55
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/15325

Actions (login required)

View Item View Item