Peran Syadid Abdullah Musa dalam Mengembangkan Majalah Al Muslimun Bangil Pasuruan Jawa Timur 1987-2008 M

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aditya, Soni (2016) Peran Syadid Abdullah Musa dalam Mengembangkan Majalah Al Muslimun Bangil Pasuruan Jawa Timur 1987-2008 M. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (562kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abtrak.pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (509kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (594kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (316kB) | Preview

Abstract

Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah tentang (1) Bagaimana Riwayat Hidup Syadid Abdullah Musa dalam Mengembangkan Majalah Al Muslimun 1987-2008 M? (2) Bagaimana Sejarah Perkembangan Majalah Al Muslimun? (3) Bagaimana Peran Syadid Abdullah Musa dalam mengembangkan Majalah Al Muslimun 1987 M?. Penulisan Skripsi ini disusun dengan menggunakan metode sejarah yang mana menggunakan beberapa langkah yaitu heuristik, dengan mengumpulkan arsip-arsip terkait dengan pembahasan yang ditujukan, verifikasi (kritik terhadap data), penafsiran serta bagaimana cara penulisan sejarahnya. Adapun Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan historis yang digunakan untuk mendeskripsikan peristiwa yang terjadi pada masa lampau. Selain itu Teori yang digunakan oleh penulis adalah teori Siklus Peradaban Ibnu Khaldun. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, penulis dapat menyimpulkan bahwa (1) Syadid Abdullah Musa lahir pada tanggal 17 September 1955 M, tepatnya dijalan Anggur Bangil Pasuruan, Jawa Timur. Ia di lahirkan oleh pasangan Abdullah Musa dan Zulaichah. Sejak kecil Syadid sudah mendapatkan perhatian khusus terhadap pendidikan, sehingga ia menyelesaikan pendidikannya sampai keperuruan tinggi Bandung di Universitas AMIK. (2) Majalah Al-Muslimun berdiri pada tahun 1954 bulan April oleh Abdullah Musa. Pada awalnya Abdullah mendirikan majalah Al-Muslimun tanpa modal. Dibalik itu Abdullah Musa mendapatkan bantuan dari orang-orang Arab berupa kertas sebagai bahan produksi majalah. Pada tahun 1942 Majala Al Muslimun mengalami puncak keemasan, yaitu dengan terjualnya 2.8000 eksemplar majalah kepenjuru duia. Pada tahun 1970 M, Majalah Al Muslimun diambil alih oleh anaknya yang bernama Tajudin dan dilanjutkan oleh Syadid pada tahun 1987 sampai dengan tahun 2008. (3) Pada tahun 1987 M Syadid berperan penting dalam pengembangan Majalah Al Muslimun, diantara cara-cara Syadid dalam mengembangkan Majalah Al Muslimun adalah: a. Memotivasi generasi muda khususnya alumni Pesantren Pesis Bangil, agar dapat menyebarkan ajaran Islam sesuai dengan Quran Hadist dengan bahasa yang mudah diterima masyarakat, melalui media cetak, b. Menyebarkan Majalah Almuslimun melalui Alumni Persis, c. Mencari Agen yang bersedia memasarkan Majalah Almuslimun, d. Mencari penulis.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aditya, Sonisoni.aditya@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Sejarah > Sejarah Indonesia
Media Massa
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Aditya Soni
Date Deposited: 17 Feb 2017 03:14
Last Modified: 04 Nov 2019 02:42
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/15264

Actions (login required)

View Item View Item