DINAMIKA HUBUNGAN ANTAR UMAT BERAGAMA ISLAM DAN KRISTEN DI DESA MIAGAN KECAMATAN MOJOAGUNG KABUPATEN JOMBANG JAWA TIMUR (2000-2016)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Eko Nur Rohman, Mokhamad (2017) DINAMIKA HUBUNGAN ANTAR UMAT BERAGAMA ISLAM DAN KRISTEN DI DESA MIAGAN KECAMATAN MOJOAGUNG KABUPATEN JOMBANG JAWA TIMUR (2000-2016). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (656kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (701kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (437kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (206kB) | Preview

Abstract

Indonesia seperti yang kita ketahui merupakan negara yang terkenal dengan keberagaman masyarakatnya, hal tersebeut dibuktikan dengan keberagaman agama. Hidup dalam keberagaman agama memang tidak mudah, bahkan juga terkadang memicu terjadinya konflik. Tetapi masyarakat di desa Miagan kecamatan Mojoagung kabupaten Jombang mengatasinya dengan melakukan hubungan antar umat beragama. Dimana masing-masing agama meyakini adanya solidaritas, toleransi, tolong-menolong, dan hormat-menghormati sesama umat manusia yang bisa mendorong terciptanya kehidupan yang harmonis dan tanpa adanya diskriminasi antar umat beragama ditengah masyarakat yang multicultural dan multireligius. Berdasarkan fenomena tersebut, peneliti merumuskan tiga persoalan, pertama, bagaimana kondisi keberagaman masyarakat di Desa Miagan?. Kedua, bagaimana masuknya agama Islam dan agama Kristen di Desa Miagan?. Ketiga, bagaimana bentuk kerukunan antar umat beragama Islam dan Kristen di desa Miagan?.Dalam penelitian ini metode yang digunakan sumber heuristik, kritik sumber, literatur buku, dan sumber lisan masyarakat. Teknik pengumpulan data peneliti menggunakan Observasi dan Interview. Dalam pengelolahan data peneliti melakukan memilih data, artinyamemilih data yang relevan dan metodekomperatif data, membandingkan semua sumber yang telah diperoleh dan dijadikan fakta sejarah. Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah emile durkheim tentang solidaritas mekanik dan organikHasil penelitian ini menunjukkan pertama, Kondisi keberagaman masyarakat desa Miagan Mojoagung Jombang terdapat keyakinan/ kepercayaan yang berbeda yakni agama Islam dan Kristen akan tetapi hubungan antar agama tersebut tercipta saling harmonis dan bisa hidup berdampingan secara damai tanpa adanya konflik diantara sesama, kedua, Awal masuk agama di desa Miagan adalah agama Islam yang dibawa oleh walisongo yang kemudian di lanjut kan oleh Mbah syid Sulaiman yang kemudian disusul dengan berkembangnya agama Kristen di Miagan yang pada awalnya bagian dari GKJW Jemaat Mojowarno atau lebih gampangnya Gerombolan atau yang saat ini disebut Pepanthan GKJW Jemaat Mojoagung Resmi menjadi Jemaat pada 27 Juni 1932 yang saat ini diperingati sebagai hari Jadi Jemaat tersebut Jemaat Mojoagung, ketiga, Ada banyak macam kerukunan yang dilakukan kedua umat beragama ini sebagai contoh dalam hal sosial mereka saling membantu dalam kerja bakti dan dalama memperingati HUT RI, kedua pemeluk agama ini saling menghormati di setiap hari besar agamanya masing-masing, seperti contoh Idul Fitri, Idul Adha, Natal, dan Undhuh-Undhuh yaitu persembahan rasa bersyukur umat Kristen kepada Tuhannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Eko Nur Rohman, Mokhamadm.ekonurrohman@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Budaya - Agama
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Rohman Mokhamad Eko Nur
Date Deposited: 17 Feb 2017 03:28
Last Modified: 17 Feb 2017 03:28
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/15263

Actions (login required)

View Item View Item