IDEOLOGI MEDIA DALAM BERITA KONTROVERSI TARIF TINGGI USTADZAH OKI PADA TABLOID NURANI : ANALISIS WACANA MODEL VAN DIJK

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Saidah, Muna'amatul Choirotus (2017) IDEOLOGI MEDIA DALAM BERITA KONTROVERSI TARIF TINGGI USTADZAH OKI PADA TABLOID NURANI : ANALISIS WACANA MODEL VAN DIJK. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (295kB) | Preview

Abstract

Fokus masalah yang diteliti dalam penelitihan ini adalah tentang bagaimana Tabloid NURANi menyajikan berita mengenai issu yang tengah sentral diberitakan yakni ‘Kontroversi Tarif Tinggi Ustadzah Oki’ dengan menggunakan analisis wacana milik Van Dijk. Penelitihan ini menyoroti bagaimana wartawan memilih kata dan merangkai kalimat dalam berita tersebut. Dalam penelitian ini, peneliti memilih Tabloid NURANi dengan alasan, Tabloid NURANi telah memiliki eksistensi yang tinggi, dan masih ada pembaca setianya serta bertahan hingga sekarang. Rumusan masalah dalam penelitihan ini adalah Bagaiamana analisis wacana model Van Dijk dalam mencari ideologi media dari teks berita pada Tabloid NURANi edisi 794. Untuk menjawab pertanyaan ini, peneliti menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan analisis wacana model Van Dijk. Untuk pengumpulan data, peneliti menggunakan berita “Kontroversi Tarif Tinggi Ustadzah Oki” dalam Tabloid NURANi sebagai sumber data utama dan buku penunjang mengenahi analisis wacana model Van Dijk. Dari hasil penelitihan ini ditemukan bahwa dalam berita rubrik serambi utama Tabloid NURANi edisi 794, wartawan memilih kata dan merangkai kalimat dengan menggunakan 13 dari 15 elemen wacana milik Van Dijk. Adapun elemen itu adalah elemen tematik, skematik, latar, detil, maksud, koherensi, koherensi pembeda, bentuk kalimat, kata ganti, leksikon, praanggapan, grafis, metafora. Wartawan tidak menggunakan elemen koherensi pembeda dan pengingkaran. Teks berita kontroversi tarif tinggi ustadzah oki dalam Tabloid NURANi memilih kata dan menggunakan kalimat yang santun. Sehingga membuat umat lebih menemukan pencerahan, pendidikan, kedamaian dan keterbukaan hati pikiran untuk memahami substansi Islam secara esensial. Hal ini diketahui dengan menggunakan ideologi jurnalisme profetik yang merupakan jurnalisme kenabian dengan mengupayakan penyebaran informasi dan berita serta penggunaan bahasa yang lebih ramah, santun, damai, menyejukkan dan dialogis. Rekomendasi dalam penelitian ini mengharapkan agar peneliti lain bersedia meneruskan penelitian ini, ataupun objek yang lain menggunakan pendekatan atau metode lain. Tentunya penelitian selanjutnya lebih baik lagi dari pada penelitian ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Saidah, Muna'amatul Choirotusbaristakopi6@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ideologi Islam
Media Massa
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Saidah M.Muna'amatul Choirotus
Date Deposited: 14 Feb 2017 06:55
Last Modified: 14 Feb 2017 06:55
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/15181

Actions (login required)

View Item View Item