BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA DALAM MENINGKATKAN SELF ESTEEM SISWA KELAS XI DALAM MENGHADAPI DUNIA KERJA DI SMK KUSUMA BANGSA KECAMATAN BANGSAL KABUPATEN MOJOKERTO

Haykal, Akhmad Fikri (2017) BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA DALAM MENINGKATKAN SELF ESTEEM SISWA KELAS XI DALAM MENGHADAPI DUNIA KERJA DI SMK KUSUMA BANGSA KECAMATAN BANGSAL KABUPATEN MOJOKERTO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (520kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (431kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (732kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (794kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (883kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (516kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (616kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan yang berjudul “Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama dalam meningkatkan Self Esteem Siswa kelas Sebelas dalam Menghadapi Dunia Kerja di SMK Kusuma Bangsa Kecamatan Bangsal Kabupaten Mojokerto.” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan Bimbingan Konseling Kelompok dengan teknik Sosiodrama dalam meningkatkan Self Esteem Siswa kelas Sebelas dalam menghadapi dunia kerja di SMK Kusuma Bangsa, dan bagaimana hasil dari proses bimbingan Kelompok dengan teknik sosiodrama dalam meningkatkan Self Esteem siswa kelas Sebelas dalam menghadapi dunia kerja. Adapun data yang digunakan adalah data diskriptif kualitatif dengan jenis studi kasus. Dalam penelitian ini penulis menganalisis data kualitatif, yaitu dengan mengolah data asli dari beberapa narasumber dengan teknik pengambilan data wawancara dan observasi.Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Berdasarkan prosentasi hasil diatas dapat diketahui bahwa “Hasil proses Bimbingan Konseling Kelompok dengan Teknik Sosiodrama untuk meningkatkan Self Esteem Siwa SMK Kusuma Bangsa Dalam menghadapi Dunia Kerja” dikategorikan kurang berhasil. karena awalnya ada 8 gejala-gejala High Self Esteem yang jadi target untuk dijalankan, tetapi perubahan gejala-gejala tesebut tidak mencapai 60% dipoint D (prilaku yang dilakukan dengan baik). Ada beberapa indikator prilaku yang belum terlihat perubahanya samapai batas waktu Follow Up terakhir. Dari hasil Follow Up terakhir dapat kita tarik kesimpulan bahwa hasil dari teknik sosiodrama dalam meningkatkan Self Esteem siswa SMK Kusuma Bangsa Belum berhasil. Berdasarkan hasil penelitian di atas, penulis memberikan saran-saran sebagai berikut: 1) Bagi Para Bapak dan Ibu Guru Hendaknya para Bapak dan Ibu Guru sebagai orangtua siswa saat disekolah mengetahui gejala-gejala penyakit psikologis yang dialami Siswanya. Karena hal ini penting bagi terwujudnya kuwalitas sekolah yang mencetak lulusan terbaik dan bisa dipersaingkan dikancah dunia kerja. 2) Bagi Guru BK Hendaknya guru Bimbingan Konseling wajib tahu dengan adanya perubahan pada diri para siswa dan perlu untuk memantau para siswa di setiap langkahnya untuk selalu tetap mensupport mereka agar menjadi anak yang tetap semangat dalam belajarnya dan mampu untuk mengamalkan segala ilmu yang klien dapat dari penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Sosiodrama; Bimbingan Kelompok; Self Esteem
Subjects: Bimbingan Konseling
Bimbingan Belajar
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Haykal Akhmad Fikri
Date Deposited: 14 Feb 2017 06:35
Last Modified: 14 Feb 2017 06:35
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/15178

Actions (login required)

View Item View Item