PENERAPAN TEKNIK PERMAINAN SIMULASI DALAM MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS VII DI SEKOLAH MADRASAH TSANAWIYAH NURUL HUDA SEDATI SIDOARJO

Zariyah, Ainun (2014) PENERAPAN TEKNIK PERMAINAN SIMULASI DALAM MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS VII DI SEKOLAH MADRASAH TSANAWIYAH NURUL HUDA SEDATI SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (16kB) | Preview

Abstract

Keberhasilan yang dimiliki oleh seorang siswa yaitu salah satnya yaitu melalui sikap disiplin serta sikap rasa tanggung jawab demi mencapai sebuah keberhasilan dalam sebuah pembelajaran. Dengan meningkatkan rasa tanggung
jawab siswa dikelas maka dapat memberikan dampak positif ketika mengikuti kegiatan belajar mengajar di sekolah serta memberikan dampak baik di lingkungan sekolah serta lingkungan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui tanggung jawab siswa ketka berada di sekolah MTs. Nurul Huda, untuk mengetahui penerapan teknik permainan simulasinya, serta untuk mengetahui apa kelebihan dan kekurangan teknik permainan simulasi dalam
meningkatkan tanggung jawab siswa kelas VII di sekolah MTs. Nurul Huda Sedati Sidoarjo.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Adapun informan penelitiannya adalah kepala sekolah, koordinator guru bimbingan konseling, guru bimbingan konseling, guru kelas, dan siswa. Teknik pengumpulan datanya meliputi metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berangkat dari analisa tersebut dapat kita ketahui bahwa hasil penelitian Penerapan Teknik Permainan Simulasi dalam Meningkatkan Tanggung Jawab Siswa kelas VII di MTs. Nurul Huda di Sedati menunjukkan bahwa permainan
simulasi yang dapat meningkatkan tanggung jawab siswa adalah permainan simulasi yang memberikan ruang kepada siswa (pemain, pemegang peran, penonton dan penulis) mendapatkan pengalaman belajar yang bermakna selama
proses pelayanan. Siswa dihadapkan kepada situasi yang berkaitan dengan tanggung jawab, menanggapi situasi yang ditemukan, merefleksikan tanggapan, menganalisa untuk menarik kesimpulan. Di samping itu, pemberian tugas
tambahan kepada penonton berupa menulis pendapat mengenai setiap pesan yang dibahas dapat meningkatkan penguasaan dan aktivitas yang berkaitan dengan tanggung jawab siswa.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Machfud Bachtiyar
Uncontrolled Keywords: Permainan Simulasi; Tanggung Jawab Kelas; Metode Belajar
Subjects: Pendidikan > Metode
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 04 Apr 2015 08:30
Last Modified: 04 Apr 2015 08:30
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/1515

Actions (login required)

View Item View Item