Teknik pembukaan dan penutupan ceramah KH Saiful Jazil

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Agustin, Dinar Ayu Chandra (2017) Teknik pembukaan dan penutupan ceramah KH Saiful Jazil. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (853kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (972kB) | Preview

Abstract

Ada dua rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu 1. Bagaimana teknik pembukaan ceramah KH Saiful Jazil 2. Bagaimana teknik penutupan ceramah KH Saiful Jazil. Untuk menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang telah diperoleh kemudian disajikan secara deskriptif dan dianalisis dengan teori komunikasi persuasif dan teori retorika Aristoteles.Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa dalam ceramah KH Saiful Jazil menggunakan teknik pembukaan salam, muqoddimah (ucapan syukur), pantun, sapaan pada jamaah, menyampaikan tema, menyebutkan fakta pendengar, mengajukan pertanyaan, menghubungkan dengan peristiwa yang diperingati, memberikan contoh nyata dan menyatakan kutipan. Dalam mengakhiri ceramah, KH Saiful Jazil menggunakan teknik-teknik penutupan sebagai berikut; menyampaikan kesimpulan, menyampaikan atau mengulang pernyataan penting, meminta untuk bertindak, menyampaikan cerita humor, pantun, memutarkan video parodi, doa penutup dan salam. Teknik pembukaan dan penutupan ceramah KH Saiful Jazil sesuai dengan metode persuasif yaitu metode asosiasi, metode integrasi, metode pay-off dan fear arousing, metode icing yaitu Selain itu KH Saiful Jazil mampu dengan cermat dan menarik perhatian jamaah dengan pantun dalam pembukaan ceramah, dan memberikan kesan dalam penutupan ceramahnya. Ciri khas yang dimiliki oleh KH Saiful Jazil ini menjadi bagian penting dalam ceramahnya. Hal tersebut diatas membuat KH Saiful Jazil sebagai seorang dai memiliki ethos, pathos dan logos. Yaitu kredibilitas dai yang membuat jamaah percaya, ceramahnya didasari dengan bukti-bukti logis dari hadis dan Al-Qur’an, dan KH Saiful Jazil mampu memainkan emosi dari jamaah. Rekomendasi untuk penelitian yang akan datang adalah dapat memperkuat hasil penelitian ini dengan membahas tentang kredibilitas muballigh sebagai penyampai pesan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Agustin, Dinar Ayu Chandracdinarayu@yahoo.co.idUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Dakwah, Strategi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Agustin Dinar Ayu Chandra
Date Deposited: 13 Mar 2017 04:07
Last Modified: 13 Jun 2017 04:19
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/15122

Actions (login required)

View Item View Item