PENGARUH PELATIHAN SELF MOTIVATION DALAM MENINGKATKAN NILAI AQIDAH AKHLAQ SISWA XI IPA SMA WACHID HASYIM 5 SURABAYA

Fachmawati, Nurul (2017) PENGARUH PELATIHAN SELF MOTIVATION DALAM MENINGKATKAN NILAI AQIDAH AKHLAQ SISWA XI IPA SMA WACHID HASYIM 5 SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (474kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (740kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (827kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (428kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (230kB) | Preview

Abstract

Fokus penelitian ini adalah sering kali anak mendapatkan kendala ataupun hambatan dalam belajar baik itu dari dalam diri ataupun dari luar. Selain itu anak juga kurang dalam memahami aqidah akhlak yang harus mereka mengerti lebih dalam dan luas. Yang mana ini dapat berpengaruh dengan ahsil nilai aqiah akhlaq mereka. Rumusan penelitian ini adalah (1) apakah pelatihan self motivation mempengaruhi nilai aqidah akhlaq siswa XI IPA SMA Wachid Hasyim 5 Surabaya? (2) Bagaimana hasil nilai aqidah akhlaq siswa XI IPA setelah melakukan pelatihan self motivasion di SMA Wachid Hasyim 5 Surabaya?.Dalam menjawab permasalah diatas peneliti menggunakan metode kuantitatif dimana metode ini menghasilkan data berupa angka yang menunjukkan hasil nilai aqidah akhlaq mereka. Peneliti menggunakan pelatihan Self Motivationnya dengan materi Super Student yang mana untuk menambah semangat dan mengetahui motivasi diri dalam hal meningkatkan nilai aqidah akhlaq mereka. Dan instrument kuisioner menggunakan jenis rating scale dimana jenis ini tidak terbatas pada pengukuran sikap saja melainkan lebih fleksibel.Hasil menunjukkan bahwa pelatihan self motivation dengan materi super student dapat mempengaruhi nilai aqidah akhlaq siswa. Adapun hasil dari post-test memiliki nilai signifikan sebanyak 0,000 < 0,05 yang menyebutkan bahwasannya ada Pengaruh Pelatihan Self Motivation Dalam Meningkatkan nilai aqidah akhlaq Siswa XI IPA SMA Wachid Hasyim 5 Surabaya. Dan di dukung dengan hasil nilai ulangan harian yang sudah peneliti rekap yang mana nilai ulangan harian pada kelompok eksperimen sebelum mendapatkan kan pelatihan rata-rata sebesar 76,31. Dan setelah mendapatkan pelatihan nilai ulangannya meningkat rata-rata menjadi 93,09. Sedangakan pada kelompok kontrol, yang tidak mendapatkan pelatihan, rata-rata nilai ulangannya tidak jauh berbeda yaitu yang awalnya 75,47 menjadi 76,81. Sehingga hasil nilai aqidah akhlaq pada kelas eksperimen lebih banyak mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pelatihan Self Motivation; Nilai Aqidah Akhlaq.
Subjects: Aqidah
Aqidah
Wajib Belajar > Aqidah

Bimbingan Belajar
Motivasi Belajar
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Fachmawati Nurul
Date Deposited: 03 Mar 2017 03:37
Last Modified: 03 Mar 2017 03:37
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/15120

Actions (login required)

View Item View Item