PENGARUH TREND HIJAB INSTAGRAM DI TAHUN 2016 TERHADAP GAYA BERBUSANA MAHASISWI UIN SUNAN AMPEL SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nisa', Safinatun (2017) PENGARUH TREND HIJAB INSTAGRAM DI TAHUN 2016 TERHADAP GAYA BERBUSANA MAHASISWI UIN SUNAN AMPEL SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Ábstrak.pdf

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (700kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (525kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (416kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (427kB) | Preview

Abstract

Bersama dengan media sosial seperti Instagram, dunia hijab dewasa ini semakin berkembang dan lebih bervariasi. Dimana media sosial Instagram di tahun 2016 ini menjadi sangat populer dikarenakan penggunanya yang selalu dimanjakan oleh berbagai fitur tampilan foto dan video yang menarik. Selain fenomena tersebut, bila diamati dan diteliti, penampilan mahasiswi UIN Sunan Ampel Surabaya kini semakin fashionabel. Oleh karena itu, peneliti ingin mengungkap adanya hubungan dari kedua fenomena diatas, ataukah perubahan yang terjadi pada mahasiswi UIN Sunan Ampel Surabaya tersebut dipengaruhi oleh faktor lain. Untuk menjawab permasalahan tersebut, penulis menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanasi survei. Sedangkan teknik pengumpulan data, penulis menggunakan wawancara, observasi, dokumenter dan angket untuk variabel bebas/ independent (X) dan variabel terikat/ dependent (Y) dengan menetapkan sampel sebanyak 100 responden. Kemudian data diuji validitas dengan menggunakan spss. Dari hasil penelitian ini, disimpulkan bahwa Trend Hijab Instagram memiliki pengaruh terhadap gaya berbusana mahasiswi UIN Sunan Ampel Surabaya. Berdasarkan perhitungan dengan menggunakan Rumus Product Moment diketahui bahwa tingkat pengaruhnya sebesar 0.7 yang tergolong kuat. Dengan pengaruh sebesar 49% dan sisanya 51% gaya busana mahasiswi UIN Sunan Ampel Surabaya dipengaruhi oleh faktor lain. Hal ini sesuai dengan teori yang digunakan oleh peneliti, yakni teori efek kumulatif dari Neolle-Neuman. Dimana efek yang terjadi pada media tidak akan terjadi secara langsung yang kuat tetapi efek itu akan terus menguat seiring berjalannya waktu.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nisa', SafinatunUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah
Komunikasi Islam
Teknologi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Nisa' Safinatun
Date Deposited: 01 Mar 2017 02:44
Last Modified: 01 Mar 2017 02:44
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/15072

Actions (login required)

View Item View Item