KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK PERSPEKTIF HABIB MUNDZIR ALMUSAWA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mardianto, Eva Eko (2014) KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK PERSPEKTIF HABIB MUNDZIR ALMUSAWA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (944kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (849kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (830kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (562kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (128kB) | Preview

Abstract

Pembentukan akhlak peserta didik merupakan tanggung jawab semua elemen yang ada, Sehubungan dengan begitu pentingnya pembentukan akhlak bagi para peserta didik maka ini merupakan tantangan bagi lembaga pendidikan islam di masa kini agar dapat melakukan terobosan-terobosan agar dapat memaksimalkan pendidikan akhlak bagi peserta didik baik secara kualitatif maupun kuantitatif.
Adapun salah satu dari kegiatan-kegiatan yang mampu untuk membentuk akhlak para peserta didik adalah dengan penganalisaan suatu pemikiran Habib Mundzir , hal ini dikarenakan secara kuantitatif jam pelajaran di sekolah sangatlah minim, yang
menyebabkan kurangnya pendidikan akhlak bagi peserta didik, pemilihan karaya
pemikiran Habib Mundzir ini sebagai sarana pembelajaran adalah karena kualitas dan
kapasitas keilmuan dari Habib Mundzir tersebut tidak perlu dipertanyakan lagi
keotentikannya.
Skripsi ini merupakan penelitian deskriptif- kualitatif dengan menggunakan tiga
metode pengumpulan data, yakni observasi, deskripsi, dan analisis, serta untuk menjawab rumusan masalah yang ada, penulis menggunakan análisis data induksi, deduksi, dan deskripsi Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan dari pemikiran Habib mundzir yang tertuang pada 70 Kumpulan Tausyiyahnya memiliki peranan yang besar dalam proses pembentukan akhlak peserta didik karena dengan adanya analisis pemikiran tersebut dapat tercipta peserta didik yang mempunyai akhlak yang mulia seperti : Sifat ikhlas, Adanya budaya mengucapkan salam ketika bertemu antara pendidik dan peserta didik. Dan dengan adanya analisis pemikiran tersebut para peserta didik dapat memiliki kemampuan untuk membentengi diri dari hal-hal negativ sehingga mampu menciptakan lingkungan yang harmoni yang bebas dari kerusuhan dan tindakan-tindakan yang merugikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Ali Mas'ud
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mardianto, Eva EkoUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Akhlak
Pendidikan
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Akhlaq; Habib Munzir
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 02 Apr 2015 05:33
Last Modified: 02 Apr 2015 05:33
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/1505

Actions (login required)

View Item View Item