PENERAPAN METODE HYPNOTEACHING GUNA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DALAM PELAJARAN FIQIH DI MTS. AT-TAUHID SURABAYA

Mahmudah, Mas Nining (2014) PENERAPAN METODE HYPNOTEACHING GUNA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DALAM PELAJARAN FIQIH DI MTS. AT-TAUHID SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (477kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil UTS pada mata pelajaran fiqih di MTs.At-Tauhid Surabaya, yang setelah dilakukan observasi dan wawancara ternyata yang mefaktorinya adalah metode guru yang masih konvensional yaitu ceramah dan hafalan. Untuk itu penulis melakukan penelitian dengan judul diatas.
Penelitian ini adalah untuk menjawab rumusan masalah yaitu:1) bagaimana prestasi belajar siswa sebelum diterapkannya metode hypnoteaching, dalam pelajaran fiqih kelas VIII di MTs. At-Tauhid Surabaya 2) bagaimana penerapan metode hypnoteaching dalam pelajaran fiqih kelas VIII di MTs. At-Tauhid Surabaya, 3) bagaimana prestasi belajar siswa setelah diterapkannya metode hypnoteaching dalam pelajaran fiqih kelas VIII di MTs.
At-Tauhid Surabaya Untuk menjawab permasalahan di atas, maka penulis menggunakan Penelitian Tindakan Kelas berbentuk spiral milik Kemmis dan Mc.Taggart yang ditempuh
dengan dua siklus. Yang setiap siklusnya tediri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi.
Dengan diterapkannya metode hypnoteaching, pada pembelajaran fiqih kelas VIII di MTs.At-Tauhid telah mengalami peningkatan. Hal ini didapat dari lembar
kerja siswa yang diberikan oleh guru selama menggunakan metode ini. Pada siklus I prestasi siswa mencapai 78,125% artinya terdapat 25 siswa yang tuntas, sedangkan pada siklus II tingkat prestasi siswa mencapai 84,3% yang berarti baik yaitu dari 32 siswa terdapat 27 siswa yang tuntas. Setelah sebelumnya diketahui dari hasil UTS bahwa ketuntasan belajar siswa hanya mencapai 50% yang artinya
dari 32 siswa hanya 16 siswa yang tuntas dalam pelajaran fiqih.
Penelitian ini terbukti bahwasannya metode konvensional seperti ceramah dan hafalan tidak sebaiknya digunakan terus menerus, paling tidak guru harus kreatif dalam mengolah kelas sehingga membuat siswa bersemangat dalam pembelajaran
yang akan berimbas pada meningkatnya prestasi belajar siswa

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Saiful Jazil
Uncontrolled Keywords: Hypnoteaching; PAI; Fiqh; Prestasi Belajar
Subjects: Pendidikan > Metode
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 02 Apr 2015 05:08
Last Modified: 02 Apr 2015 05:08
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/1504

Actions (login required)

View Item View Item