IMPLEMENTASI METODE QIROATI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA-TULIS AL-QUR’AN DI TPQ MIFTAHUL MUBTADIIN DESA PETIS BENEM KEC. DUDUK SAMPEYAN KOTA GRESIK

Munzidah, Munzidah (2014) IMPLEMENTASI METODE QIROATI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA-TULIS AL-QUR’AN DI TPQ MIFTAHUL MUBTADIIN DESA PETIS BENEM KEC. DUDUK SAMPEYAN KOTA GRESIK. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (503kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (83kB) | Preview

Abstract

Skripsi, Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Surabaya.
Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan tentang implementasi metode Qiroati terhadap kemampuan baca-tulis Al-Qur’an di TPQ Miftahul Mubtadiin di desa Petis Benem kota Gresik.
Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang rumusan masalah yang pertama tentang bagaimana implementasi metode Qiroati di TPQ Miftahul Mubtadiin, kedua mengenai bagaimana kemampuan baca-tulis Al-Qur’an santri di TPQ Miftahul Mubtadiin, ketiga tentang bagaimana pengaruh metode Qiroati terhadap kemampuan baca-tulis Al-Qur’an di TPQ Miftahul Mubtadiin.
Untuk mengetahui permasalahan dan mendapatkan data yang jelas, disinipenggunakan metode observasi (pengamatan lapangan), interview atau wawancara dan dokumentasi. Dalam menganalisa data, penulis menggunakantehnik analisis deskriptif kualitatif.
Dari penelitian ini dapat dikatakan bahwa pelaksanaan implementasi metode Qiroati terhadap kemampuan baca-tulis Al-Qur’an di TPQ Miftahul Mubtadiin di desa Petis Benem kota Gresik. Sudah terlaksana dengan baik dibuktikan dengan adanya hasil nilai para santri dan prestasi yang di dapatkan oleh TPQ. Dengan rancangan penelitian seperti yang dijelaskan diatas, peneliti memperoleh hasil sebagai berikut pertama penerapan metode Qiroati adalah metode yang sebelum pelaksanaan metode Qiroati ini diterapkan yang dilakukan oleh para ustadzah yaitu harus mendapatkan syahadah terlebih dahulu dan dengan deres tiap malam serta menyediakan media yang akan digunakan, dalam penerapan metode Qiroati ini, pada setiap jilidnya terdapat materi pelajaran , cara mengajarnya dan standar kemampuan disetiap jilidnya, selain itu juga terdapat pokok pelajaran di setiap jilidnya, menggunakan strategi klasikal dan individual. Kedua kemampuann baca-tulis Al-Qur’an para santri di TPQ adalah terbilang baik hal tersebut dibuktikan dengan hasil nilai dan penghargaan yang diperoleh para santri setiap mengikuti ujian ataupun perlombaan baik yang diselenggarakan oleh cabang Qiroati tingkat kecamatan dan kabupaten. Ketiga pengaruhmetodeQiroati terhadap kemampuan baca-tulis Al-Qur’an di TPQ adalah sebagai berikut; Metode Qiroati dalam penerapanya telah membawa hasil yang nyata, yakni berhasil merubah pola pembelajaran lama TPQ menjadi pembelajaran baca-tulis Al-Qur’an yang tingkat keberhasilanya sangat tinggi dan cepat, yakni dengan metode Qiroati, keberhasilan penerapan metode Qiroati di TPQ yang ada, telah melahirkan ketertarikan yang luar biasa para orang tua, untuk memberikan pembekalan pembelajaran baca-tulis Al-Qur’an pada putra putri mereka diusia yang sangat dini dan efektifitas penerapan metode Qiroati telah menjadi semacam daya pendorong, penyemangat para santri dalam pembelajaran baca-tulis Al-Qur’an

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Damanhuri
Uncontrolled Keywords: Metode Qira'ati; Kemampuan Baca Tulis; Al- Qur'an
Subjects: Pendidikan > Metode
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 02 Apr 2015 04:22
Last Modified: 02 Apr 2015 04:24
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/1501

Actions (login required)

View Item View Item