STUDI KORELASI ANTARA PENGELOLAAN KELAS DENGAN PROSES BELAJAR SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MA YASMU MANYAR GRESIK

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Roaitu, Siti (1999) STUDI KORELASI ANTARA PENGELOLAAN KELAS DENGAN PROSES BELAJAR SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MA YASMU MANYAR GRESIK. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (861kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (13MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (964kB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan kegiatan yang universal didalam kehidupan manusia, dimanapun dan kapanpun di dunia ini terdapat pendidikan. Pendidikan adalah prose sadar yang mempunyai tujuan, baik yang sifatnya sederhana maupun komplek dan tujuan menentukan kearah mana anak didik akan dibawa sehingga ada kesesuaian dalam memilih materi, metode dan alat evaluasi dalam melaksanakan kegiatan pendidikan. Belajar mengajar merupakan suatu proses yang terjadi secara individu dengan lingkungan, dengan adanya kegiatan belajar mengajar diharapkan adanya perubahan baik prilaku yang dapat membentuk pribadi yang berkualitas. Adapun permasalahan yang ada pada pembahasan ini adalah 1). Bagaimana pengelolaan kelas di MA YASMU manyar gresik? 2). Bagaimana keadaan proses belajar siswa MA YASMU manyar gresik pada pendidikan agama islam? 3). Adakah korelasi antar pengelolaan kelas dengan proses belajar siswa pendidikan agama islam? 4). Sejauhmana hubungan antara pengelolaan kelas dengan proses belajar siswa pendidikan agama islam? Pada pembahasan ini digunakan metode observasi, metode interview dan metode dokumentasi. Metode observasi dalam arti yang sempit yaitu pengamatan dan pencatatan dengan sistematik fenomena fenomena yang diselidiki sedangkan dalam arti yang luas adalah pengamatan yang dilakukan baik secara langsung maupun tidak langsung. Metode interview yaitu sebuah dialog yang dilakukan oleh pewawancara untuk memperoleh informasi dari terwawancara, sedangkan metode dokumentasi adalah suatu metode penelitian untuk mendapatkan keterangan keterangan masa lalu yang terdapat dalam dokumen. Metode atau tehnik ini digunakan untuk mengumpulkan data data yang ada pada lembaga yang berkaitan dengan pembahasan. Kesimpulannya bahwa berdasarkan observasi yang dilakukan bahwa pengelolaan kelas yang ada di MA YASMU manyar gresik yang meliputi perencanaan pengelolaan kegiatan belajar mengajar, perencanaan pengorganisasian bahan pengajaran, penataan lingkungan belajar, menciptakan iklim belajar yang kohensip dan perencanaan penilaian prestasi siswa untuk kepentingan pengajaran adalah baik dengan prosentase 83%. Proses belajar siswa pendidikan agama islam yang meliputi pre test dan proses belajar adalah baik dengan prosentase 90%. Berdasarkan dari hasil perhitungan nilai rXY yang diperoleh lebih besar dari hasil r tabel (rT). Berdasarkan hasil analisa product moment menunjukkan bahwa korelasi pengelolaan kelas dengan proses belajar siswa pendidikan agama islam hal ini terbukti dari hasil perhitungan rXY = 0, 80 yang dalam kategori tabel interprestasi menunjukkan korelasi tinggi, bila dilihat dari tabel interprestasi berada diantara 0, 800 s/dengan 1,00. Dari kesimpulan ini bahwa semakin tinggi pengelolaan kelas, maka semakin tinggi pula proses belajar siswa pendidikan agama islam MA YASMU manyar gresik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Roaitu, Siti--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Manajemen Kelas
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Korelasi; Pengelolaan Kelas; Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Arsip Tarbiyah
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 07 Feb 2017 07:24
Last Modified: 07 Dec 2017 17:25
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/14996

Actions (login required)

View Item View Item