Tinjauan hukum Islam tentang pemberian pemerintah modal terhadap industri kecil di Kecamatan Sawahan Kodya Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Habsah, Habsah (1995) Tinjauan hukum Islam tentang pemberian pemerintah modal terhadap industri kecil di Kecamatan Sawahan Kodya Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (531kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (899kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (846kB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/14989

Abstract

Dengan munculnya kegiatan kegiatan usaha baru dan pengembangan kegiatan usaha, dalam hal ini baik dibidang perbengkelan, kerajinan maupun peternakan dan lain lainnya, terutama bagi kalangan industri kecil. Kemudian untuk meningkatkan hasil produksi dan pengembangan usaha yang dikelola oleh industri kecil tersebut maka pemerintah Indonesia dalam memasuki pembangunan jangka panjang tahap Iiyang bertumpu pada kesejahteraan rakyat terutama yang berada dibawah garis kemiskinan atau mereka yang berpenghasilan rendah dengan berbagai keterbatasannya. Pada pembahasan ini rumusan masalah yang akan dibahas adalah 1). Bagaimana diskripsi tentang upaya pemerintah untuk memberikan modal terhadap industri kecil di kecamatan sawahan kodya surabaya? 2). Bagaimana bentuk dan sistem pemberian modal yang dilakukan pemerintah terhadap pihak industri kecil di kecamatan sawahan kodya surabaya di tinjau dari hukum islam? Pada pembahasan ini analisa datanya meliputi Editing yaitu pemeriksaan data dari segi kejelasan, kesesuaian dan kelengkapan data, Pengorganisasian data guna memperoleh gambaran yang sesuai dengan paparan dalam rumusan masalah, Analisa lanjut yaitu untuk merumuskan diskripsi tentang bentuk dan sistem pemberian modal yang dilakukan oleh pemerintah terhadap industri kecil. Kesimpulan dari pembahasan ini: Bahwa yang dimaksud pemberian odal terhadap industri kecil dengan sistem tanpa bunga disini dimaksudkan untuk menghindari serta melindungi rakyat kecil yang bergerak dibidang industri kecil yang berpenghasilan rendah dari ajunan/jaminan dengan bunga yang sangat tinggi dari pihak rentenir yang dipinjamkan kepada industri kecil tersebut dengan sifat perseorangan. Bahwa pemberian modal usaha yang dilakukan pemerintah dengan sistem pinjaman tanpa bunga terhadap para nasabah tersebut merupakan upaya untuk meningkatkan dan mengangkat martabat hidup warga masyarakat dalam bidang ekonomi dibenarkan oleh syari'at islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Habsah, Habsah--019000115
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMustadjib, A. Suhaimi----
Subjects: Hukum Islam
Industri Kecil
Keywords: Hukum Islam; Pemerintah; Industri
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Arsip Syariah
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 07 Feb 2017 06:54
Last Modified: 20 Apr 2020 13:05
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/14989

Actions (login required)

View Item View Item