TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP SISTEM PELAKSANAAN JUAL BELI TEBAS TUNDUNG SETAN HASIL PERTANIAN DI DESA BRENGKOK KECAMATAN BRONDONG KABUPATEN LAMONGAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muslih, Muslih (1992) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP SISTEM PELAKSANAAN JUAL BELI TEBAS TUNDUNG SETAN HASIL PERTANIAN DI DESA BRENGKOK KECAMATAN BRONDONG KABUPATEN LAMONGAN. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (842kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (767kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (872kB) | Preview

Abstract

Islam tidak hanya menitik beratkan pada segi ritual sebagaimana yang lazim terdapat pada agama non islam, tetapi juga amat memperhatikan hubungan antar manusia. Firman Allah swt. Yang artinya mereka meliputi kehinaan dimana saja berada, kecuali jika mereka berpegang pada tali Allah (agama) dan tali (hubungan) dengan sesama manusia. Dan mengatur hubungan manusia dengan alam sekitarnya, sebagaimana di sebutkan dalam aal Qur'an " Dia telah menciptakan kamu dari bumi dan menjadikan kamu pemakmurnya". Rumusan masalah dalam pembahasan ini adalah sebagai berikut 1). Bagaimana diskripsi tentang pelaksanaan sistem jual beli tebas tundung setan hasil pertanian di desa brengkok kec. Brondong Kab. Lamongan selama musim kemarau (antara bulan april s/d desember 1991)? 2). Bagaimana tinjauan hukum islam terhadap jual beli tebas diatas? Metode yang di gunakan dalam pembahasan ini menggunakan metode induktif dan metode komperatif. Metode induktif yaitu menggunakan kenyataan dari hasil penelitian yaitu pelaksanaan tebas secara khusus, kemudian di tarik suatu kesimpulan yang bersifat umum, yakni pelaksanaan jual beli tebas tudung setan hasil pertanian di desa brengkok kecamatan brondong kabupaten lamongan. Metode komperatif yaitu metode yang digunakan untuk membandingkan antara jual beli tebas tudung setan hasil pertanian yang dilakukan orang orang islam di desa brengkok kecamatan brondong kabupaten lamongan. Kesimpulan yang dapat di ambil dari pembahasan ini adalah dalam melaksanakan sistem jual beli tebas tudung setan dari hasil pertanian di desa brengkok dari segi pemeriksaan tanaman sudah menjadi hukum adat yang berjalan lama dan tidak ada penyimpangan dari dasar hukum islam. Cara penawaran harga mayoritas tidak ada penyimpangan dan sebagaian kecil ada penyimpangan dari prinsip prinsip islam. Waktu proses tawar menawar tidak ada penyimpangan dari norma norma hukum islam dan sebagaian kecil sikap berbelit belit yang tidak di sukai oleh islam. Sistem pembayaran sudah menjadi adat kebiasaan yang dibolehkan oleh islam. Cara dan waktu pemanenan sudah menjadi urf yang berjalan lama dan tidak ada penyimpangan dari hukum islam, namun sedikit ada penyimpangan tentang pemanfaatan tanah kosong.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muslih, Muslih--UNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Jual Beli
Uncontrolled Keywords: Hukum Islam; Jual Beli; Tebas Tundung Setan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 03 Feb 2017 08:16
Last Modified: 07 Dec 2017 17:20
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/14978

Actions (login required)

View Item View Item