Kedudukan hadits-hadits tentang Talaq dari Kitab Sunan Abu Daud dalam syariat Islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fadli, Muhammad (1992) Kedudukan hadits-hadits tentang Talaq dari Kitab Sunan Abu Daud dalam syariat Islam. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (586kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (655kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (10MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (909kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (939kB) | Preview

Abstract

Thalaq dalam sysri'at islam merupakan suatu jalan atau pintu darurat bagi pasangan suami istri untuk melepaskan tali ikatan perkawinan. Walaupun demikian tidak berarti bahwa dalam syari'at islam thalaq diperbolehkan begitu saja dan dilakukan dengan mudah dan gampang, namun harus melalui pertimbangan pertimbangan maslakhah dan mahsadahnya dan peraturan peraturan yang berlaku sehingga dapat di tekan thalaq ini. Dan oleh karena itulah maka hukum thalak adakalanya wajib, sunnah, mubah, makruh dan haram. Hal tersebut berdasarkan terjadinya thalaq, situasi dan kondisi terjadinya thalaq dan dampaknya setelah terjadinya thalaq.Rumusan masalah yang akan dibahas disini adalah sebagai berikut 1). Bagaimana nilai sanad dan matan hadits hadits tentang thalaq dalam kitab sunan abu daud? 2). Bagaimana dalalah dan kehujjahan hadits hadits tentang thalaq dalam kitab sunan abu daud? 3). Bagaimana kedudukan hadits hadits tentang thalaq dalam kitab sunan abu daud dalam syari'at islam?Metode yang di gunakan dalam pembahasan ini adalah metode deduktif, metode induktif dan metode komparatif. Metode deduktif adalah mengemukakan teori teori atau dalil dalil penilaian hadits hadits tentang thalaq dari kitab sunan abu daud secara umum kemudian baru di kemukakan kenyataan hasil penelitian terhadap hadits hadits tentang thalaq dalam kitab sunan abu daud. Metode induktif adalah berpijak pada penilaian terhadap hadits hadits tentang thalaq dalam kitab sunan abu daud dan kitab sunan lainnya, kemudian dari penilaian hadits hadits thalaq tersebut di tarik kesimpulan nilai hadits haditsnya secara umum. Metode komparatif yaitu menghubungkan dan membandingkan antara nilai nilai para perawi hadits hadits tentang thalaq dalam kitab sunan abu daud dan kitab sunan lainnya kemudian ditarik kesimpulan mengenai nilai hadits tersebut?Kesimpulan dari pembahasan ini bahwa hadits tentang thalaq yang diriwayatkan oleh abu daud adalah dhaif, oleh karena itu tidak dapat dijadikan hujjah dalam syari'at islam. Hukum thalaq adalah lemaholeh karena dalilnya lemah. Hukum thalaq itu sifatnya kondisional dan berkisar pada "Ahkamul Khamsah" dengan mempertimbangkan maslakhah dan mahsadahnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fadli, Muhammad--018612940
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorFatawi, Marsekan----
Subjects: Hadis
Uncontrolled Keywords: Hadits; Thalaq; Sunan Abu Daud
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Arsip Syariah
Depositing User: Nurul Hidayah
Date Deposited: 02 Feb 2017 02:55
Last Modified: 21 Feb 2020 08:29
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/14958

Actions (login required)

View Item View Item