BELAJAR TUNTAS (MASTERY LEARNING) MATA PELAJARAN PAI PADA SEKOLAH AKSELERASI : STUDI TENTANG BELAJAR TUNTAS DALAM PBM MATA PELAJARAN PAI PADA SISWA KELAS IX MTS AKSELERASI PP AMANATUL UMMAH SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayat, Rochmad (2013) BELAJAR TUNTAS (MASTERY LEARNING) MATA PELAJARAN PAI PADA SEKOLAH AKSELERASI : STUDI TENTANG BELAJAR TUNTAS DALAM PBM MATA PELAJARAN PAI PADA SISWA KELAS IX MTS AKSELERASI PP AMANATUL UMMAH SURABAYA. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (268kB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB)
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (131kB) | Preview

Abstract

Tesis ini berjudul “Belajar Tuntas (Mastery Learning) pada mata pelajaran NPAI pada sekolah akselerasi (studi tentang belajar tuntas dalam PBM mata pelajaran PAI pada siswa kelas IX Mts Akselerasi PP Amanatul Ummah Surabaya)”.
Belajar tuntas (Mastery Learning) merupakan proses pembelajaran yang dilakukan dengan sistematis dan terstruktur, bertujuan untuk mengadaptasikan pembelajaran pada siswa kelompok besar (pengajaran klasikal), membantu
mengatasi perbedaan-perbedaan yang terdapat pada siswa, dan berguna untuk menciptakan kecepatan belajar (rate of program). Belajar tuntas diharapkan mampu mengatasi kelemahan-kelemahan yang melekat pada pembelajaran
klasikal Penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif dengan pendekatanM fenomenologi. Penelitian deskriptif tidak hanya terbatas pada pengumpulan data saja, tetapi meliputi analisis dan interpretasi data. Laporan penelitian ini akan berisi kutipan-kutipan data untuk memberi gambaran penyajian laporan tersebut. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas IX MTs Unggulan PP Amanatul Ummah Surabaya program akselerasi. Data yang diperoleh berupa hasil tes awal (pretest), tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar dan interview siswa dan guru pengamat, dan dokumen. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh: 1) deskripsi pelaksanaan program akselerasi di Madrasah Tsanawiyah Akslerasi PP Amanatul Ummah Surabaya terhadap mata pelajaran pendidikan agama Islam; (2) deskripsi
ketuntasan belajar siswa kelas IX Madrasah Tsanawiyah Akslerasi PP Amanatul Ummah Surabaya pada mata pelajaran pendidikan agama Islam.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti di MTs Unggulan PP Amanatul Ummah Surabaya program akselerasi dapat disimpulkan bahwa pertama, manajemen pembelajaran dan penilaian MTs. Unggulan PP Amanatul Ummah program akselerasi menggunakan pendekatan mastery learning atau
belajar tuntas. Siswa boleh melanjutkan ke materi berikutnya jika telah memenuhi target ketuntasan minimal, yaitu 80%. Jika belum memenuhi target standar minimal harus mengikuti program remidial. Kedua, dalam hal ketuntasan belajar
mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas IX di Mts Amanatul Ummah memiliki tingkat ketuntasan yang sangat baik. Ada pengaruh signifikan pendekatan belajar tuntas terhadap hasil belajar PAI siswa kelas IX Madrasah
Tsanawiyah Unggulan PP Amanatul Ummah program akselerasi serta peran guru dalam proses belajar dan mengajar. Efektivitas penggunaan pendekatan belajar tuntas di sekolah ini diperoleh rata-rata 89,99 atau bila diprosentasekan 89,99%. Signifikansi kenaikan ketuntasan belajar ini dilihat dari kemampuan awal yang diperoleh rata-ratanya 61,52 dan setelah diberi pelajaran dengan konsep belajar
tuntas diperoleh rata-rata 89,99.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayat, RochmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Kurikulum
Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: Program akselerasi; Pembelajaran PAI; Belajar Tuntas;
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 02 Apr 2015 01:06
Last Modified: 02 Apr 2015 01:06
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/1494

Actions (login required)

View Item View Item