Urgensi lembaga bantuan hukum dalam kaitannya dengan hak asasi manusia menurut hukum Islam dan hukum positif

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmani, Alfiyah Tjahja (1997) Urgensi lembaga bantuan hukum dalam kaitannya dengan hak asasi manusia menurut hukum Islam dan hukum positif. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (455kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (905kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (578kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (834kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (573kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar pustaka.pdf

Download (908kB) | Preview

Abstract

Di tengah tengah kancah kehidupan dalam prilaku manusia yang hidup di muka bumi ini semenjak berjuta juta tahun yang silam sampai saat ini yang penuh dengan aneka ragam jenis kebangsaan dan tidak diragukan lagi realitasnya masih tetap saja ada golongan yang di tindas dan golongan yang menindas dan seterusnya. Masalah penegakkan hak asasi manusia adalah masalah besar yang selalu di hadapi umat manusia sebagai penghuni dunia ini, ada seorang ahli mengatakan bahwa hak hak asasi manusia itu termasuk kebutuhan yang mendasar. Rumusan masalah dalam pembahasan ini adalah sebagai berikut 1). Apa peran dan tujuan dari bantuan hokum terhadap pelanggaran hak hak asasi manusia? 2). Bagaimana tinjauan hukum islam dan hokum positif terhadap bantuan hokum dalam hal peranan dan fungsinya? Dalam pembahasan ini menggunakan library research dan metode deduksi. Metode library research yaitu mengkaji, menyelidiki buku buku, kitab kitab dan kepustakaan lainnya yang ada hubungannya dengan pembahasan. Metode deduksi yaitu dengan cara berusaha mendapatkan bahan bahan penulisan, mengolah data dan menerik kesimpulan dari seluruh penelitian lalu di tuangkannya dam pembahasan. Dari pembahasan ini dapat disimpulkan bahwa peranan dan tujuan bantuan hukum terhadap pelanggaran hak asasi manusia adalah membantu masyarakat kurang mampu untuk mendapatkan kemungkinan melakukan penuntutan terhadap apa yang menjadi haknya dan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat yang kurang mampu menuju masyarakat yang berkecukupan serta dapat menunjang dalam melaksanakan penegakkan hukum sesuai dengan perombakkan struktur masyarakat yang ada. Tinjauan hukum islam dan hukum positif terhadap bantuan hukum dalam hal peranan dan fungsinya adalah memberikan pelayanan bantuan perlindungan hukum kepada masyarakat yang membutuhkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmani, Alfiyah Tjahja--019100044
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorManan, M. Hasyim----
Subjects: Bantuan Hukum
Hukum Islam
Hak Asasi Manusia
Uncontrolled Keywords: Lembaga Bantuan Hukum; Hak Asasi Manusia; Hukum Islam; Hukum Positif
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 30 Jan 2017 04:09
Last Modified: 29 Sep 2020 05:42
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/14924

Actions (login required)

View Item View Item