TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTEK JUAL BELI GABAH SISTEM NGUYANG DI KELURAHAN GEPENG KECAMATAN BANGIL KABUPATEN PASURUAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mailidah, Lilik (1999) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTEK JUAL BELI GABAH SISTEM NGUYANG DI KELURAHAN GEPENG KECAMATAN BANGIL KABUPATEN PASURUAN. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (941kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (972kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (941kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (768kB) | Preview

Abstract

Sebagai makhluk sosial manusia akan menerima dan memberikan andilnya kepada orang lain, saling bekerja sama untuk memenuhi kebutuhan dan mencapai kemajuan dalam hidupnya. Diantara sekian banyak aspek kerja sama dan hubungan manusia maka kegiatan jual beli atau perdagangan adalah salah satunya. Bahkan aspek ini sangat penting peranannya dalam kesejahteraan hidup manusia. Sementara itu jual beli memiliki permasalahan dan lika liku yang jika dilaksanakan tanpa norma norma yang tepat dapat menimbulkan berbagai akibat dan dampak yang merugikan di tengah tengah kehidupan manusia. Untuk itu islam telah memberikan aturan aturan kehidupan tentang bagaimana seharusnya transaksi jual beli itu dilangsungkan. Sebagai aturan hukum tentang hubungan antar manusia maka seperti halnya aturan hukum muamalah lain bisa berupa norma norma dasar.Rumusan masalah yang akan dibahas disini adalah sebagai berikut 1). Bagaimana praktek jual beli gabah panen sistem nguyang di kelurahan gempeng kecamatan bangil kabupaten pasuruan? 2). Bagaimana tinjauan hukum islam tentang praktek jual beli gabah panen sistem nguyang di kelurahan gempeng kecamatan bangil kabupaten pasuruan?
Pembahasan ini menggunakan analisa kualitatif, adapun metode yang dipakai menggunakan metode induktif yang diawali dengan mengemukakan kenyataan kenyataan yang bersifat khusus dari hasil penelitian, kemudian diakhiri dengan kesimpulan yang bersifat umum. Metode deduktif yang diawali dengan menggunakan teori teori , dalil dalil atau generalisasi yang bersifat umum, kemudian di kemukakan kenyataan yang bersifat khusus. Metode komparatif yang membandingkan antara pelaksanaan jual beli dengan norma norma hukum menurut hukum islam dari beberapa aspeknya, sehingga dapat dirumuskan sebuah kesimpulan.Kesimpulan dari pembahasan ini adalah bahwa praktek jual beli gabah panen sistem nguyang dikelurahan gempeng kecamatan bangil adalah di mulai dengan menghubungi calon pembeli oleh penjual, lalu mereka membuat kesepakatan harga, setelah harga di sepakati maka penjual dan pembeli melakukan akad, beberapa hari kemudian dilanjutkan dengan penyerahan gabah dari penjual kepada pembeli dan kemudian diakhiri dengan pembayaran harga dari pembeli kepada penjual. Tinjauan hukum islam terhadap praktek jual beli ini diperbolehkan dalam islam, sebab di dalam jual beli tersebut tidak ada hal hal yang dapat dikategorikan menyimpang dari norma norma jual beli menurut islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mailidah, LilikUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam > Jual Beli
Uncontrolled Keywords: Hukum Islam; Jual Beli
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Nurul Hidayah
Date Deposited: 30 Jan 2017 04:10
Last Modified: 30 Jan 2017 04:10
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/14923

Actions (login required)

View Item View Item