BENTUK DAN OPERASIONALISASI SYIRKAH DI KOPERASI TANI GUNA MULYA KECAMATAN GUDO KABUPATEN JOMBANG

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Musyafa’ah, Lailatul (1999) BENTUK DAN OPERASIONALISASI SYIRKAH DI KOPERASI TANI GUNA MULYA KECAMATAN GUDO KABUPATEN JOMBANG. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (815kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (839kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (949kB) | Preview

Abstract

Untuk mencapai kemajuan dan tujuan hidup manusia diperlukan kerja sama dan kegotongroyongan. Manusia tidak akan mampu mengangkat suatu barang yang berat dengan tenaga sendiri tanpa adanya gotong royong, suatu pekerjaan akan menjadi ringan apabila dikerjakan dengan gotong royong. Begitu pula dalam bermuamalah diperlukan pula perkongsian. Diantara sekian banyak aspek kerja sama dan perhubungan manusia, maka syirkah itu termasuk salah satu diantaranya. Bahkan aspek ini sangat penting dalam meningkatkan kesejahteraan hidup manusia.Rumusan masalah yang akan dibahas disini adalah sebagai berikut: 1). Bagaimana bentuk dan operasionalisasi syirkah pada koperasi guna mulya kecamatan gudo kabupaten jombang? 2). Bagaimana tinjauan hukum islam terhadap bentuk dan operasional syirkah pada koperasi guna mulya kecamatan gudo kabupaten jombang? Pembahasan ini dianalisis secara kualitatif dengan tahapan sebagai berikut: Editing yakni memeriksa kembali data data yang diperoleh terutama dari segi kelengkapan, kejelasan makna, kesesuaian dan keselarasan antara yang satu dengan yang lainnya, relevansi dan keseragaman satuan atau kelompok. Pengorganisasian data adalah menyusun dan mensistematiskan data data yang diperoleh dalam kerangka yang sudah direncanakan sebelumnya. Setelah seluruh data berhasil dihimpun secara kualitatif maka data tersebut dianalisa secara deskriptif kualitatif.Kesimpulannya bahwa bentuk syirkah pada koperasi guna mulya itu berbentuk syirkah inan, adapun operasioanl syirkah yang ada berjalan sesuai dengan undang undang perkoperasian, karena adanya manajemen koperasi, pengawas dalam koperasi, bagaian tata buku, karyawan yang bertugas dilingkungan koperasi, dan koperasi tersebut berjalan karena adanya penanaman modal dan pembagian keuntungan serta pembagiannya di sesuaikan dengan modal masing masing dengan kesepakatan bersama. Adapun tinjauan hukum islam terhadap bentuk syirkah pada koperasi guna mulya berbentuk syirkah inan, hal itu tidak bertentangan dengan hukum islam dan berjalan menurut hukum islam yaitu dalam masalah penanaman modal, pengembangan modal dan juga masalah pembagian keuntungan dilakukan dengan adil sesuai dengan modal yang dimiliki bagi setiap anggota koperasi berdasarkan kesepakatan bersama.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Musyafa’ah, LailatulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Koperasi
Uncontrolled Keywords: Operasionalisasi Syirkah; Koperasi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Nurul Hidayah
Date Deposited: 30 Jan 2017 02:51
Last Modified: 30 Jan 2017 02:51
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/14922

Actions (login required)

View Item View Item