Studi analisis hukum Islam terhadap pelaksanaan Inpres Desa Tertinggal di Desa Solokuro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholihin, Sholihin (1997) Studi analisis hukum Islam terhadap pelaksanaan Inpres Desa Tertinggal di Desa Solokuro. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (496kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (917kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (695kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (861kB) | Preview

Abstract

Pembangunan nasional indonesia yang bermuara pada manusia sebagai insan yang harus dibangun kehidupannya adalah sumberdaya pembangunan yang harus selalu ditingkatkan kwalitas serta kemampuannya untuk mengangkat harkat dan martabatnya, sehingga tercipta masyarakat yang adil dan makmur yang bebas dari belenggu kemiskinan. Dalam ajaran islam sendiri masalah penanggulangan kemiskinan adalah merupakan tanggung jawab dari seluruh umat muslim. Adapun penanggulangan kemiskinan tersebut direalisasikan melalui penyaluran dana dari zakat, infaq dan shadaqah. Rumusan masalah yang akan dibahas disini adalah 1). Bagaimana pelaksanaan inpres desa tertinggal yang dilakukan oleh orang orang islam di desa solokuro kecamatan solokuro kabupaten lamongan? 2). Bagaimana tinjauan hukum islam terhadap pelaksanaan inpres desa tertinggal (IDT) dalam rangka mengentas kemiskinan tersebut? Dalam pembahasan ini pengelolaan data dan analisa data dilakukan dengan metode kwalitatif deskriptif dengan tahapan sebagai berikut yaitu editing yaitu memeriksa kembali data yang diperoleh secara cermat, kesesuaian/keselarasan satu sama lain, relevansi serta keseragaman data tentang pelaksanaan IDT di desa solokuro. Pengorganisasian data yaitu guna memperoleh gambaran yang sesuai dengan rumusan masalah yang telah direncanakan. Analisa data yaitu untuk merumuskan teori tentang pelaksanaan IDT di desa solokuro. Setelah data dianalisa, maka selanjutnya untuk membahas hasil penelitian dilakukan dengan metode deduktif dan induktif. Kesimpulan dari pembahasan ini adalah bahwa pemberian bantuan pinjaman dana produktif bergulir tidak bertentangan dengan hukum islam. Sasaran program IDT adalah sebagai manivestasi dari ajaran islam, karena program ini ditunjukkan kepada keluarga yang benar benar miskin dan penentuannya pun harus melalui seleksi yang ketat. Dengan demikian sasaran program ini sejalan dengan ajaran islam yang selalu memerintahkan untuk menyantuni orang orang miskin seperti yang dilakukan oleh islam dengan pemberian dana hasil zakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholihin, Sholihin--0191000140
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorMarsani, Marsani----
Subjects: Hukum Islam
Pembangunan
Uncontrolled Keywords: Hukum Islam; Pelaksanaan Impres; Desa Tertinggal
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 27 Jan 2017 09:24
Last Modified: 01 Oct 2020 06:57
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/14919

Actions (login required)

View Item View Item