STUDI ANALISA TERHADAP NILAI HADIS- HADIS TENTANG AL QARDU DALAM AL KUTUB AL SITTAH

Fatimah, Siti (1991) STUDI ANALISA TERHADAP NILAI HADIS- HADIS TENTANG AL QARDU DALAM AL KUTUB AL SITTAH. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (648kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (651kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (911kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (969kB) | Preview

Abstract

Jumhur ulama' hadits telah sepakat bahwa hadits merupakan sumber hukum islam yang kedua setelah al qur'an. Mulai zaman rasulullah saw. Hingga sekarang al hadits telah melalui masa yang berbeda beda, sehingga banyak kitab yang menghimpun hadits hadits seperti yang dapat kita lihat sekarang. Dari beberapa kitab tersebut yang dijadikan pegangan pokok dalam menetapkan hukum ada enam kitab yang terkenal dengan nama "Al Kutub Al Sittah". Al kutub al sittah tersebut adalah Shahih al bukhari oleh imam al bukhari, Shahih muslim oleh imam muslim, Sunan an nasa'i oleh imam an nasa'i, Sunan abu daud oleh imam abu daud, Sunan at turmudzi oleh imam at turmudzi dan Sunan ibn majah oleh imam ibnu majah.
Rumusan masalah yang akan dibahas disini adalah 1). Sejauhmana kwalitas sanad hadits dalam al kutubu al sittah tentang al qardu? 2). Sejauh mana nialai matan hadits dalam kutubu al sittah tentang al qardu? 3). Bagaimana kehujahan al hadits dalam kutubu al sittah tentang al qardu?
Kesimpulan dari pembahasan ini adalah dari 23 sanad hadits al qardu yang terdapat pada kutubu al sittah kebanyakan bersambung. Ada satu sanad yang terputus ditengah tengahnya yaitu terdapat pada sunan an nasa'i, dan perawinya kebanyakan siqqah.dari 23 matan hadits al qardu dalam kutus al sittah bernilai shahih. Dari 23 hadits al qardu dalam kutus as sittah dapat dijadikan pengamalan masalah al qardu. Berpijak dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa dari 23 hadits al qardu dalam kutus al sittah kebanyakan bernilai shahih, ada 6 hadits yang bernilai hasan dan ada 4 hadits yang bernilai dhaif. Namun dasar amal yang ditunjuk oleh 4 hadits tersebut masih dibenarkan oleh al qur'an. Oleh karena sebagaian hadits tersebut menjadi penguat terhadap sebagaian yang lain, maka 6 hadits diatas naik menjadi shahih lighairihi. 1 hadits dalam sunan an nasa'i naik menjadi hasan ligairihi. Adapun 3 hadits dalam sunan ibnu majah diatas tidak diriwayatkan oleh perawi yang enam kecuali ibnu majah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Nilai Hadis; Al Qardu; Al Kutub Al Sittah
Subjects: Tafsir > Hadist
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Arsip Syariah
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 27 Jan 2017 07:36
Last Modified: 30 Jan 2017 02:21
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/14914

Actions (login required)

View Item View Item