Tinjauan Utang Piutang pada pelaksanaan Adat Gotong Royong pembuatan rumah di Desa Candi Wates Kec. Prigen Kabupaten Pasuruan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khodijah, Siti (1995) Tinjauan Utang Piutang pada pelaksanaan Adat Gotong Royong pembuatan rumah di Desa Candi Wates Kec. Prigen Kabupaten Pasuruan. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (522kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (766kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (813kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (776kB) | Preview

Abstract

Sudah menjadi sunnatullah bahwa manusia dalam hidupnya harus bermasyarakat dan tolong menolong diantara sesamanya. Sebagai makhluk sosial, manusia harus bersedia memberi dan menerima bantuan dari orang lain guna memenuhi kebutuhan hidupnya. Islam mengajak dan menganjurkan orang agar suka memberi dengan susunan kata yang memikat hati dan membangkitkan gairah, menggali usaha usaha kebaikan dan kebajikan serta perbuatan mulia. Rumusan masalah yang akan dibahas disini adalah 1). Bagaimana proses pelaksanaan adat gotong royong pembuatan rumah di desa candi wates kec. Prigen pasuruan selama tahun 1994? 2). Bagaimana jika terjadi perselisihan atau salah satu pihak mengingkari perjanjian tersebut? 3). Bagaimana tinjauan hukum islam terhadap pelaksanaan adat gotong royong pembuatan rumah tersebut? Dalam pembahasan ini digunakan metode induktif, metode deduktif dan metode analogis (Qiyas). Metode induktif yaitu peneliti memulai dengan mengemukakan kenyataan kenyataan yang bersifat khusus dari hasil riset, kemudian diakhiri dengan simpulan yang bersifat umum. Metode deduktif yaitu yang dimulai dengan mengemukakan teori teori, dalil dalil atau kesimpulan yang bersifat umum untuk selanjutnya dikemukakan kenyataan yang bersifat khusus dari hasil riset. Metode analogis (Qiyas) yaitu dengan membahas dengan mengqiyaskan suatu kasus yang terdapat dalam kenyataan kepada norma norma hukum yang mapan yaitu hukum islam. Kesimpulan dari pembahasan ini bahwa proses pelaksanaan adat gotong royong pembuatan rumah di desa wates kec.prigen kab. Pasuruan diawali dengan transaksi serah terima piutang, penyelesaian perselisihan atas pengingkaran salah satu pihak atas perjanjian yang telah dibuat oleh kedua belah pihak, Pelaksanaan adat gotong royong dalam pembuatan rumah di desa candi wates kec. Prigen kab. Pasuruan adalah tidak bertentangan dengan hukum islam hanya saja ada sedikit kesenjangan yaitu jika terjadi pengingkaran perjanjian yang telah disepakati sebelumnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khodijah, Siti--018900119
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorHidayat, Mulyani----
Subjects: Hukum Adat
Uncontrolled Keywords: Utang Piutang; Gotong Royong; Adat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Arsip Syariah
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 27 Jan 2017 07:19
Last Modified: 24 Apr 2020 16:57
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/14913

Actions (login required)

View Item View Item