TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP JUAL BELI SEPATU DENGAN CEK MUNDUR DI SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mafrudhah, Lailatul (1996) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP JUAL BELI SEPATU DENGAN CEK MUNDUR DI SIDOARJO. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (602kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (674kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (656kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (779kB) | Preview

Abstract

Agama islam adalah agama yang universal, ajarannya sangat lengkap dan konkrit. Oleh karena itu al Qur’an dapat di jadikan petunjuk seperti dalam firman Allah yang artinya “Kitab al qur’an ini tidak mengandung sesuatupun yang meragukan lagi merupakan petunjuk bagi orang orang yang beriman”. Hal ini berarti bahwa setiap manusia yang menyatakan beriman kepada al qur’an harus merasa terikat oleh seluruh aturan hukum yang terkandung didalamnya. Salah satu hukum yang terkandung didalamnya adalah hukum jual beli, seperti dalam firman Allah tentang perdagangan dalam surat al baqarah ayat 275 yang artinya “Keadaan yang demikian itu disebabkan mereka berkata sesungguhnya jual beli itu sama dengan riba, padahal Allah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba”.Rumusan masalah yang akan di bahas di sini adalah sebagai berikut 1). Bagaimana pelaksanaan penentuan pembayaran dalam jual beli seperti dengan cek mundur di desa wedoro? 2). Bagaimana tinjauan hukum islam terhadap pelaksanaan penentuan pembayaran jual beli sepatu dengan cek mundur? Dari pembahasan ini data data yang diperoleh dari lapangan derencanakan akan dianalisis secara kwalitatif dengan tahapan tahapan sebagai berikut: Pengolahan data atau editing yaitu semua data yang diperoleh akan diperiksa kembali terutama dari segi kelengkapan, keterbacaan, kejelasan makna, relevansi dan keseragaman satuan atau kelompok kata.Kesimpulan dari pembahasan ini bahwa pelaksanaan penentuan pembayaran dalam jual beli sepatu dengan cek mundur di desa wedoro kapupaten sidoarjo adalah suatu perjanjian jual beli yang pembayarannya tidak kontan, atau dengan kata lain penerbitannya berbeda dengan tanggal penguangannya. Menurut tinjauan hukum islam, penentuan pembayaran dalam jual beli sepatu dengan cek mundur di sidoarjo adalah diperbolehkan. Dengan alasan cara tersebut tidak ada unsure unsure paksaan, tidak mengandung riba ataupun hal hal yang bertentangan dengan aturan jual beli, demikian juga syarat dan rukunnya sudah terpenuhi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mafrudhah, LailatulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Jual Beli
Uncontrolled Keywords: Hukum Islam; Jual Beli; Cek Mundur
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Islam
Depositing User: Nurul Hidayah
Date Deposited: 27 Jan 2017 02:34
Last Modified: 27 Jan 2017 02:34
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/14908

Actions (login required)

View Item View Item