Tinjauan hukum Islam terhadap sistem perjanjian bagi hasil Tanaman Padi dari usaha penyiraman di Desa Mojorejo Kecamatan Ngraho Kabupaten Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kuntoro, Kuntoro (1992) Tinjauan hukum Islam terhadap sistem perjanjian bagi hasil Tanaman Padi dari usaha penyiraman di Desa Mojorejo Kecamatan Ngraho Kabupaten Bojonegoro. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (999kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (795kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (891kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (918kB) | Preview

Abstract

Syari’at islam adalah merupakan syari’at terakhir yang yang bersifat universal lagi sempurna, mencakup segala aspek kehidupan manusia yang diaturnya, serta sesuai dengan kemajuan zaman, dapat bermanfaat bagi seluruh manusia. Oleh karena itu tidak hanya mengatur peribadatan saja melainkan juga mencakup dalam bidang muamalah maupun moral manusia. Dalam muamalah islam hanya memberikan ketentuan pokok dengan secara garis besarnya saja, sedangkan masalah muamalah terus berkembang sehingga mempunyai beberapa system dan bentuk yang beraneka ragam yang berbeda. Perkembangan tersebut seirama dengan tata kehidupannya serta adat di lingkungan kehidupan manusia.Rumusan masalah yang akan di bahas di sini adalah sebagai berikut 1). Bagaimana diskripsi system perjanjian bagi hasil tanaman padi dari usaha penyiraman yang dilakukan oleh para petani di desa mojorejo, kecamatan ngroho kabupaten bojonegoro? 2). Bagaimana tinjauan hukum islam tentang system perjanjian bagi hasil tanaman tersebut?Dalam pembahasan ini menggunakan metode analisa data yang dipakai dalam metode ini yaitu: Editing, pemeriksaan kembali semua data yang diperoleh terutama dari segi kelengkapan, kejelasan makna, kesesuaian, relevansi dan keseragaman kesatuan / kelompok. Pengorganisasian data, menyusun dan mensistemasikan data data yang diperoleh dalam kerangka paparan yang sudah direncanakan sebelumnya. Analisa untuk merumuskan diskripsi tentang system perjanjian bagi hasil tanam padi dari penyiraman.Kesimpulannya bahwa pelaksanaan bagi hasil tanam padi dari usaha dari usaha penyiraman yang dilakukan oleh para petani di desa mojorejo adalah suatu transaksi bagi hasil dalam pertanian yang berbeda dengan system muzaro’ah, mukhobarah maupun musaqah, akan tetapi yang lebih mendekati adalah musaqah. Bila ditinjau dari hukum islam, maka pelaksanaan perjanjian bagi hasil tanaman padi dari usaha penyiraman di desa mojorejo adalah diperbolehkan oleh agama islam, karena dalam kerja sama tersebut dapat mendatangkan kemaslahatan bagi mereka dan umat manusia pada umumnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kuntoro, Kuntoro--018715364
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorAR, Masdhuha----
Subjects: Hukum Islam
Hukum Islam > Mudharabah
Uncontrolled Keywords: Hukum Islam; Perjanjian; Bagi Hasil
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Arsip Syariah
Depositing User: Nurul Hidayah
Date Deposited: 27 Jan 2017 02:14
Last Modified: 24 Feb 2020 07:30
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/14906

Actions (login required)

View Item View Item