DAKWAH GERAKAN ISLAM RADIKAL : STUDI MODEL DAKWAH FRONT PEMBELA ISLAM KECAMATAN PACIRAN LAMONGAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ismanto, Hadi (2016) DAKWAH GERAKAN ISLAM RADIKAL : STUDI MODEL DAKWAH FRONT PEMBELA ISLAM KECAMATAN PACIRAN LAMONGAN. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (362kB) | Preview

Abstract

Ada dua persoalan yang dikaji dalam tesis ini, yaitu: (1) Bagaimana model dakwah Front Pembela Islam di kecamatan Paciran, kabupaten Lamongan, (2) Bagaimana persamaan dan perbedaan antara model dakwah Front Pembela Islam di kecamatan Paciran dengan model dakwah pada umumnya. Untuk mengungkap persoalan tersebut secara menyeluruh dan mendalam, peneliti ini menggunakan kualitatif deskriptif yang berguna untuk memberikan fakta dan data mengenai model dakwah Front Pembela Islam di kecamatan Paciran, kabupaten Lamongan. Kemudian data itu dianalisis dengan menggunakan teori jarum suntik. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa: (1) Model dakwah Front Pembela Islam di kecamatan Paciran, adalah model dakwah yang identik dengan kekerasan dan tidak mengenal kompromi. Sebab, semua kader Front Pembela Islam telah didoktrin dengan kuat oleh pimpinan mereka, bahwa apa yang dilakukan semuanya adalah bagian dari menegakkan amar ma’ruf nahi mungkar dan ruhul jihad. Sehingga, mengesampingkan aspek-aspek kemanusiaan. (2) adapun persamaan dan perbedaan antara model dakwah Front Pembela Islam di kecamatan Paciran dengan model dakwah pada umumnya, yaitu: (a) Pada aspek da’I, persamaannya memiliki kemampuan dalam memahami ajaran Islam. Perbedaannya adalah melalui jenjang kaderisasi. (b) aspek mad’u, persamaannya adalah memiliki latar belakang yang beragam. Perbedaannya adalah ekslusif (hanya yang memiliki kesamaan visi-misi dalam ajaran Islam). Aspek materi, persamaannya adalah amar ma’ruf nahi munkar. Perbedaannya adalah respon Front Pembela Islam pada permasalahan “salah-benar, halal-haram, bid’ah dan musyrik. (d) aspek media, persamaannya adalah menggunakan media dakwah “lisan, tulisan, visual, audio dan keteladanan. Sedangkan perbedaannya adalah menjadikan surau sebagai pusat kegiatan Front Pembela Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ismanto, Hadihadi_gobang@yahoo.co.idUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Dakwah, Komunikasi
Komunikasi Islam
Divisions: Program Magister > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ismanto Hadi
Date Deposited: 27 Jan 2017 02:38
Last Modified: 27 Jan 2017 02:38
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/14904

Actions (login required)

View Item View Item