DASADHARMA PRAMUKA INDONESIA SEBAGAI SARANA DALAM PENDIDIKAN BELA NEGARA DI TINJAU DARI HUKUM ISLAM

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anam, Khoirul (1995) DASADHARMA PRAMUKA INDONESIA SEBAGAI SARANA DALAM PENDIDIKAN BELA NEGARA DI TINJAU DARI HUKUM ISLAM. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (769kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (499kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (698kB) | Preview

Abstract

Gerakan pramuka bukan organisasi yang bersifat regional melainkan organisasi yang bersifat internasional, terkenal ditanah air kita sampai sekarang. Sedang sifat dari organisasi ini tidak mementingkan individu, golongan ras dan lain lain, melainkan untuk kepentingan masyarakat dimana ia berada. Agar dalam gerak dan langkah organisasi ini dapat selaras, serasi, seimbang dan sesuai dengan harapan pendirinya maka dibuatkan ketentuan ketentuan atau prinsip sebagai dasar dari prilaku para anggota, dalam hal ini lebih dikenal dengan nama dasadarma. Dasa darma merupakan ketentuan moral atau norma yang dipakai dasar dalam kehidupan sehari hari dimana mereka berada dan merupakan langkah awal untuk menanamkan rasa disiplin secara menyeluruh dan konsekwen untuk mewujudkan kecintaan terhadap bangsa dan negara. Dasa darma merupakan bagaian dari prinsip kode kehormatan, dalam bentuk janji dan undang undang. Kode kehormatan tersebut merupakan bagaian dari PDMPK yang harus diterapkan dalam segala bentuk aspek kehidupan sebagai wujud nyata cinta pada tanah air.
Peranan dasadarma pramuka sejak dulu telah terbukti kemanfaatannya bagi kehidupan bangsa dan negara, dasa darma pramuka telah memberikan saham yang tidak terhingga terhadap negeri ini dalam mendidik dan membina putra putra bangsa serta membantu pemerintah dalam mempersatukan pemuda pemuda dalam perjuangan pergerakan kemerdekaan Indonesia. Sedangkan masa sekarang dan akan datang peranan dasadarma pramuka diharap mampu untuk mencetak generasi muda yang siap pakai tepat guna dan berdaya guna, hal ini karena sifat dasadarma pramuka yang universal senantiasa dapat menyesuaikan dengan kondisi perkembangan masyarakat, bangsa dan negara.
Dasa darma sebagai sarana dalam pendidikan bela negara secara umum tidak bertentangan dengan norma hukum islam, karena tidak ada nash yang tidak membolehkannya malah konsepsi dasadarma pramuka sebagai dasar pendidikan kepramukaan serasi dengan norma islam, begitu juga dengan sumbangsihnya kepada bangsa dan negara sangatlah besar. Akan tetapi ada sedikit ketidak singkerunan dalam segi penerapannya, yaitu ketika dalam kegiatan kegiatan seringkali unsur unsur yang ada di dalam dasadarma tidak diamalkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anam, KhoirulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Uncontrolled Keywords: Dasadharma Pramuka; Bela Negara; Hukum Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Arsip Syariah
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 26 Jan 2017 03:38
Last Modified: 26 Jan 2017 03:38
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/14882

Actions (login required)

View Item View Item