Pemikiran Ibnu Taimiyah tentang harga yang adil menurut perspektif Islam: studi analisa pemikiran Ibnu Taimiyah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayatullah, Imam Taufiq Syarif (1999) Pemikiran Ibnu Taimiyah tentang harga yang adil menurut perspektif Islam: studi analisa pemikiran Ibnu Taimiyah. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (784kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (564kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (784kB) | Preview

Abstract

Manusia secara alami hidup dalam suatu kelompok masyarakat yang secara keseluruhan membentuk system, system itu sendiri di sederhanakan sebagai bentuk interaksi atau hubungan dari unsure unsure yang lebih kecil dan membentuk suatu satuan yang lebih besar serta komplek sifatnya. Sistem perekonamian yang dianut oleh satu bangsa tergantung dari doktrin, madzhab, atau aliran pandangan ekonomi, yang pada gilirannya dipengaruhi oleh seperangkat nilai yang di anut oleh bangsa atau kelompok masyarakat tersebut. Rumusan masalah yang di bahas disini adalah 1). Bagaimana pemikiran ibnu taimiyah tentang harga yang adil? 2). Apa yang melatarbelakangi pemikiran ibnu taimiyah dalam konsep harga yang adil tersebut?Dalam pembahasan ini digunakan metode deskriptif dan metode analitik. Metode deskriptif, dalam metode ini digambarkan ketentuan ketentuan semua keterangan yang terkait dengan konsep harga yang adil dengan data yang di butuhkan. Metode Analitik, dalam metode ini semua dat yang terkait dengan konsep harga yang adil, dianalisa dan ditinjau ulang sehingga menemukan hasil.Kesimpulan dari pembahasan ini bahwa pemikiran ibnu taimiyah dalam harga yang adil adalah operasional sector ri’il dari aktifitas jual beli dengan harga yang baku, bertolak dari keinginan penduduk pada satu masyarakat tertentu sesuai nilai adat yang berlaku dengan tetap mengedepankan kapasitas keadilan sebagai keseimbangan antara penjual dengan pembeli. Pemikiran ibnu taimiyah tentang konsep harga yang adil secara umum di pengaruhi oleh kondisi latar belakang perekonomian serta politik kenegaraan yang terjadi pada dinasti mamluk baik sebelum lahir atau masa hidupnya, baik di negeri sendiri atau dalam pengasingan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayatullah, Imam Taufiq Syarif-C04394083
Subjects: Pemikiran
Keywords: Pemikiran; Ibnu Taimiyah; Harga yang adil
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Arsip Syariah
Depositing User: Nurul Hidayah
Date Deposited: 26 Jan 2017 02:57
Last Modified: 29 Sep 2021 12:28
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/14877

Actions (login required)

View Item View Item