STUDI TENTANG MOTIVASI MASYARAKAT DESA KRANJI KECAMATAN PACIRAN KABUPATEN LAMONGAN DALAM MELAKSANAKAN BILAS NIKAH DITINJAU DARI MASLAHAH

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Makhfudho, Nur Salimatul (2017) STUDI TENTANG MOTIVASI MASYARAKAT DESA KRANJI KECAMATAN PACIRAN KABUPATEN LAMONGAN DALAM MELAKSANAKAN BILAS NIKAH DITINJAU DARI MASLAHAH. Undergraduate thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (471kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (693kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (539kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (361kB) | Preview

Abstract

Bilas Nikah yang dimaksud dalam penelitian ini penulis ambil dari bahasa jawa yang artinya memperbarui pernikahan atau mbilasi nikah dengan melaksanakan akad baru tanpa penghulu melainkan seseorang yang dipercaya seperti kyai, hal ini merupakan adat jawa yang ada di Desa Kranji yang dipercayai dapat melanggengkan pernikahan. Adapun pokok masalahnya dalam penelitian ini adalah, apa motivasi masyarakat Desa Kranji Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan dalam melaksanakan bilas nikah?, bagaimana tinjauan maslahah tentang bilas nikah?.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif untuk menjawab permasalahan yang ada. Dalam pengumpulan yang terjadi dalam masyarakat Desa Kranji Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan, selanjutnya dianalisis dengan pola piker induktif untuk memperjelas kesimpulannya. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa praktek bilas nikah di Desa Kranji Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan dilaksanakan sama seperti melaksanakan akad nikah pada umumnya, syarat dan ketentuannya hampir sama, yang membedakan adalah status bilas nikah sudah sah menjadi pasangan suami istri, sedangkan akad nikah pada umumnya belum sah menjadi pasangan suami istri. Selanjutnya motivasi masyarakat Desa Kranji Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan dalam melaksanakan bilas nikahyaitu memperindah pernikahan, ada rasa kekhawatiran, kepercayaan kepada mitos dan mensucikan pernikahan.Kemudian tinjauan maslahah tentang bilas nikah di Desa Kranji Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan adalah melaksanakan bilas nikah hukumnya boleh, dengan alasan mendatangkan kemaslahatan dan tidak ada kemadharatan serta secara nyata menimbulkan dampak positif bagi pernikahan suami istri. Saran penulis untuk masyarakat Desa kranji Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan, hendaknya tidak terlalu mempercayai adanya mitos bahwasannya jika terjadi suatu permasalahan dalam hubungan perkawinan solusinya diselesaikan dengan bilas nikah,karena hal tersebut ditakutkan adanya syirik.Dan didirikan Badan Tajdid Nikah di Desa Kranji Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan, karena suksesnya pelaksanaan bilas nikah sehingga dapat meminimalisir perceraian.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Makhfudho, Nur Salimatulnursalimatul@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Keluarga > Keluarga Islam
Keluarga
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Makhfudho Nur Salimatul
Date Deposited: 25 Jan 2017 08:42
Last Modified: 25 Jan 2017 08:42
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/14869

Actions (login required)

View Item View Item