IMPLEMENTASI DAN IMPLIKASI SEDEKAH TERPIMPIN PADA PEMBIAYAAN DI KOPERASI SIMPAN PINJAM PEMBIAYAAN SYARIAH (MITRA USAHA IDEAL) BUNGAH DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mabdalif, Danifatus Sunnah (2017) IMPLEMENTASI DAN IMPLIKASI SEDEKAH TERPIMPIN PADA PEMBIAYAAN DI KOPERASI SIMPAN PINJAM PEMBIAYAAN SYARIAH (MITRA USAHA IDEAL) BUNGAH DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (909kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (504kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah mengenai implementasi sedekah terpimpin pada pembiayaan di KSPPS-MUI Bungah, implikasi sedekah terpimpin pada pembiayaan di KSPPS-MUI Bungah dalam perspektif Ekonomi Islam serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi sedekah terpimpin pada pembiayaan di KSPPS-MUI Bungah. Guna menjawab permasalahan di atas, maka data penelitian ini dihimpun dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, dengan metode analisis data Studi Kasus dengan rancangan Singgle Case, dengan teknik pengolahan data yakni, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, sedangkan teknik pengecekan keabsahan temuan melalui kredibilitas, dependebilitas dan konfirmabilitas. Hasil penelitian yang diperoleh adalah terjadinya implementasi sedekah terpimpin pada pembiayaan di KSPPS-MUI Bungah, karena minimnya dana SHU yang tidak mencukupi untuk menunjang kegiatan sosial pertahunnya, sehingga pada Bulan Agustus 2015, digagaslah metode sedekah terpimpin oleh pengurus KSPPS-MUI, dengan cara mewajibkan nasabah yang melakukan transaksi pembiayaan, untuk membayar sedekah sebesar 0,5% dari plafond yang dicairkan setelah akad berlangsung, dan nasabah dapat membayar secara tunai dengan menggunakan uang pribadi, atau minta dipotongkan langsung dari plafond yang dicairkan oleh KSPPS-MUI Bungah. Sedangkan implikasi dari adanya penerapan sedekah terpimpin oleh KSPPS-MUI dalam perspektif ekonomi islam adalah dapat terwujud keseimbangan kesejahteraan, karena KSPPS-MUI dapat menjadi sarana untuk mengajarkan dan menanamkan jiwa sosial terhadap masyarakat, agar dapat memberikan hak-hak dan membantu meringankan beban fakir miskin maupun lembaga sosial lainnya, sehingga orang yang bersedekah mendapatkan pahala dan diganti oleh Allah berlipat ganda, karena KSPPS-MUI menggunakan prinsip al-Falah. Faktor pendukung implementasi sedekah adalah tambahan dana untuk kegiatan sosial, banyak nasabah yang melakukan transaksi pembiayaan di KSPPS-MUI, menanamkan jiwa sosial kepada nasabah yang melakukan transasksi pembiayaan, inovasi Produk dan berorientasi kedepan untuk perkembangan Koperasi dan sebagai tambahan likuiditas KSPPS-MUI. Sedangkan faktor penghambatnya nasabah memerlukan waktu untuk membiasakan diri dalam melakukan sedekah. Berdasarkan penelitian di atas, diharapkan KSPPS-MUI Bungah dapat melakukan Bundling Product atau penggabungan produk, antara produk pembiayaan dengan sedekah terpimpin, sehingga pembayaran sedekah dapat dilaksanakan bersamaan dengan angsuran pembiayaan perbulannya secara transparan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mabdalif, Danifatus Sunnahdanifatusmabdalif@yahoo.co.idUNSPECIFIED
Subjects: Badan Amil Zakat Infaq dan Sadaqah
Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mabdalif Danifatus Sunnah
Date Deposited: 25 Jan 2017 03:41
Last Modified: 25 Jan 2017 03:41
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/14863

Actions (login required)

View Item View Item