TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PENYIMPANAN DANA KJKS AL MUBAROK CANDI SIDOARJO DI BANK KONVENSIONAL

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mahfud, M. Arwani (2017) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PENYIMPANAN DANA KJKS AL MUBAROK CANDI SIDOARJO DI BANK KONVENSIONAL. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (18MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (242kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini adalah hasil dari penelitian dokumentasi dan lapangan dengan judul “Tinjauan Hukum Islam terhadap Simpanan Dana KJKS Al-Mubarok Candi Sidoarjo Di Bank Konvensional.”. skripsi ini merupakan penelitian untuk menjawab pertanyaan, mengapa alasan KJKS Al-Mubarok Candi Sidoarjo menyimpan dana di perbankan konvensional, dan bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap simpanan dana KJKS Al-Mubarok Candi Sidoarjo di perbankan konvensional. Metode penelitian yang digunakan adalah deskripstif kualitatif, Dan selanjutnya dianalisis menggunakan observasi, dan wawancara. Yaitu pembahasan yang di mulai dengan mengumpulkan data-data yang diperoleh dari dokumen atau arsip dari pihak KJKS Al-Mubarok Candi Sidoarjo dan mewawancarai pihak-pihak yang bersangkutan, kemudian diteliti dan dianalisis dengan menggunakan hukum Islam yaitu tentang simpanan dana yang dilakukan oleh pihak KJKS Al-Mubarok di perbankan konvensional. Alasan pihak KJKS Al-Mubarok Candi Sidoarjo menyimpan dana dari para anggotanya yaitu tujuan utama KJKS Al-Mubarok Candi Sidoarjo menyimpan dana atau uang para anggotanya di perbankan konvensional adalah keamanan atas uang atau dana tersebut, berinvestasi dengan memperoleh bunga atau laba, serta untuk memudahkan melakukan transaksi pembayaran maupun penarikan. Sehingga memudahkan pihak KJKS Al-Mubarok Candi Sidoarjo untuk penarikan dana dari perbankan konvensional jika ada anggotanya yang meminjam atau melakukan pembiayaan dalam jumlah besar. Dari hasil penelitian tersebut bahwa pola simpanan dana yang diterapkan oleh pihak KJKS Al-Mubarok Candi Sidoarjo adalah sebagai berikut dalam perspektif hukum Islam, mengenai pola simpanan dana yang di lakukan oleh KJKS Al-Mubarok Candi Sidoarjo di perbankan konvensional tidak bertentangan dengan hukum Islam. Sebab dalam praktiknya para nasabah atau orang yang menabung di KJKS Al-Mubarok Candi Sidoarjo telah sepakat menabungkan uangnya tersebut untuk di kelola oleh pihak KJKS, walaupun pihak KJKS Al-Mubarok Candi Sidoarjo menyimpan dana yang dari nasabah-nasabahnya di perbankan Konvensional. Sebaiknya pihak KJKS Al-Mubarok Candi Sidoarjo tidak menyimpan dana-dananya para nasabah tersebut di perbankan Konvensional, tapi menyimpanan dana tersebut di perbankan syariah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mahfud, M. Arwaniarwanirembang33@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bank dan Perbankan
Hukum Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Mahfud M. Arwani
Date Deposited: 24 Jan 2017 07:27
Last Modified: 24 Jan 2017 07:27
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/14855

Actions (login required)

View Item View Item