PERAN PONDOK PESANTREN SUBULUSSALAM BALIKPAPAN DALAM MEMAHAMI DAN MENGEMBANGKAN TEOLOGI ASY'ARI

Monalisa, Risa Halizah (1997) PERAN PONDOK PESANTREN SUBULUSSALAM BALIKPAPAN DALAM MEMAHAMI DAN MENGEMBANGKAN TEOLOGI ASY'ARI. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (648kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (829kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (703kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (702kB) | Preview

Abstract

Pondok pesantren adalah merupakan salah satu lembaga diantara lembaga lembaga iqamatuddin lainnya memiliki fungsi utama yaitu fungsi kegiatan tafaqquh fi addin. Sepanjang sejarah perjalanan umat islam indonesia ternyata kedua fungsi utama tersebut telah dilaksanakan oleh pondok pesantren pada pada umumnya, dengan berbagai kekurangan yang ada dengan baik. Dari pondok pesantren inilah lahir para ulama', asatidz dan asatidzah serta tokoh masyarakat, hal ini tiada lain karena di dalam pondok pesantren terdapat nilai nilai yang sangat baik bagi hasilnya suatu kegiatan pendidikan. Sehingga dapat dinyatakan, sesungguhnya hakekat pondok pesantren terletak pada isi dan nilai tersebut yaitu proses pendidikan yang mengarah pada pembentukan kekuatan jiwa, mental maupun ruhiyah.
Pada pembahasan ini metode yang digunakan yaitu digunakan untuk menarik kesimpulan bahwa kebenaran adalah masalah yang bersifat umum juga menjadi kebenaran bagi masalah yang bersifat khusus. Metode induksi yaitu digunakan untuk menarik kesimpulan dari fakta fakta yang khusus, peristiwa peristiwa yang kongkrit. Kemudian ditarik secara generalisasi yang bersifat umum.
Kesimpulan dari pembahasan ini adalah sejauh ini uapaya pengasuh pondok pesantren subulussalam balikpapan dalam menanamkan aqidah asy'ari terhadap para santrinya yaitu mengupayakan semaksimal mungkin sarana dan prasarana belajar mengajar baik dalam sistem klasikal maupun diluar sistem klasikal. Tingkat pemahaman dan pengembangan berfikir para santri pondok pesantren subulussalam balikpapan baik secara kwantitas maupun secara kwalitas terhadap teologi asy'ari baik mengenai ketuhanan, kenabian, al qur'an dan perbuatan manusia seluruhnya sangat baik atau sangat faham. Peran pondok pesantren subulussalam balikpapan terhadap teologi asy'ari cukup menunjang, ini terlihat dari metode pengajaran baik didalam sistem klasikal maupun diluar sistem klasikal serta kitab kitab yang diajarkan kepada para santrinya, walaupun kitab yang diajarkan lebih banyak kitab fiqih dibanding kitab tauhid.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pesantren; Teologi; Teologi Asy'ari
Subjects: Teologi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 23 Jan 2017 07:12
Last Modified: 23 Jan 2017 07:12
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/14844

Actions (login required)

View Item View Item