HIJAB MENURUT KONSEPSI AL QUR'AN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Masruro, Masruro (1999) HIJAB MENURUT KONSEPSI AL QUR'AN. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (761kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Al Qur'an merupakan kitab yang diturunkan oleh Allah Swt. Dijadikan sebagai petunjuk, pedoman hidup dalam beraktifitas dan berkarya bagi umat manusia. Dalam masa 22 tahun 2 bulan 22 hari lamanya ayat al qur'an silih berganti turun, dan selama itu pula Nabi Muhammad Saw para sahabatnya tekun mengajarkan al qur'an dan membimbing umatnya. Sehingga pada akhirnya, mereka berhasil membangun masyarakat yang di dalamnya terpadu ilmu dan iman, nur dan hidayahnya, keadilan dan kemakmuran di bawah lindungan ridha dan ampunan ilahi. Al qur'an merupakan sumber dari segala sumber hukum yang di bawah oleh rosul akhiruz zaman Nabi Muhammad Saw. Al Qur'an yang bersifat universal dan hampir tidak dijumpai ayat ayat yang menjelaskan suatu masalah secara mendetail dan tuntas pada perincian yang paling kecil.
Rumusan masalah pada pembahasan ini adalah 1). Bagaimana tinjauan sosiologis pelaksanaan hijab ? 2). Bagaimana pandangan al qur'an tentang hijab? 3). Bagaimana pendapat ulama' tafsir tentang hijab?
Pada pembahasan ini digunakan metode maudhu'i/ tematik dan metode komperatif. Metode maudhu'i atau tematik yaitu metode untuk mendapat jawaban al qur'an tentang suatu masalah. Dalam metode ini ayat ayat yang memiliki materi dan persoalan yang sama dikumpulkan untuk diolah sehingga rumusannya dapat melahirkan jawaban yang utuh terhadap suatu masalah. Metode komperatif yaitu mengingat adanya pendapat yang berbeda dalam masalah ini mencari jalan keluar dari perbedaan tersebut, yakni mengambil perbandingan dari berbagai pendapat yang ada kemudian di ambil persamaan maupun perbedaannya, sehingga ditemukan kebenaran berdasarkan dalil dalil yang kuat dan meyakinkan.
Dari pembahasan ini dapat disimpulkan bahwa perkembangan hijab bukan hal yang baru dalam islam. Tapi sudah ada sebelum datangnya islam, islam hanya meletakkan rincian yang lengkap dan lebih dan sesuai disetiap zaman dan tempat. Hal ini seperti islam membolehkannya wanita dalam hal hal penting baginya yaitu membuka wajah dan kedua telapak tangannya dan pertemuannya dengan laki laki pada zaman modern sekarang ini seperti dalam menuntut ilmu, jual beli, perkawinan dan persaksian, wanita menjadi guru hal ini diperbolehkan. Al Qur'an pada dasarnya adalah dikhitobkan pada istri istri Nabi lantaran beliau adalah contoh dan suri tauladan bagi para wanita muslimah, maka jangan sampai antara laki laki dengan perempuan lain yang bukan mahramnya bertemu sendirian dan berhadapan karena dengan kesendirian itu dapat atau mungkin mengakibatkan peristiwa yang dilarang oleh agama. Hijab bagi ulama tafsir adalah khusus bagi rumah tangga Nabi sendiri dan istrinya saja tidak mengenai wanita yang lain. Dan mengenai wanita yang lain termuat dalam surat An Nur ayat 31 yaitu menutup tubuhnya kecuali muka dan kedua telapak tangan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Masruro, Masruro--UNSPECIFIED
Subjects: Islam > Pakaian dan Perhiasan
Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Keywords: Hijab; Tafsir al Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tafsir Hadis
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 20 Jan 2017 02:12
Last Modified: 06 Feb 2017 06:38
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/14823

Actions (login required)

View Item View Item