I'DAD AL MAWAD AL TA'LIMIYYAH LITANMIYAH MAHARAH AL KALAM LI THULLABI MA'HAD YANABI'UL 'ULUM WAL HIKAM AL ISLAMY SIDORESMO SURABAYA : AL BAHTS AL TAJRIBI BI AL TATHBIQ 'ALA THULAB AL FASHL AL TSANI AL IBTIDAI

Muid, Faruq Abdul (2016) I'DAD AL MAWAD AL TA'LIMIYYAH LITANMIYAH MAHARAH AL KALAM LI THULLABI MA'HAD YANABI'UL 'ULUM WAL HIKAM AL ISLAMY SIDORESMO SURABAYA : AL BAHTS AL TAJRIBI BI AL TATHBIQ 'ALA THULAB AL FASHL AL TSANI AL IBTIDAI. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (976kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (950kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (553kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Yanabi’ul ‘Ulum Wal Hikam Sidoresmo Surabaya, kurang memperhatikan aspek kemampuan berbicara santri. Padahal Aspek berbicara merupakan salah satu tujuan dari pembelajaran bahasa. Dalam pembelajaran bahasa Arab, guru juga harus menitikberatkan pengajarannya dalam pengembangan kompetensi berbicara santri selain kemampuan membaca dan menulis, agar bahasa yang sudah diserap oleh santri bisa digunakan dalam komunikasi sehari-hari. Tidak adanya materi pembelajaran khusus maharah kalam menarik, merupakan penyebab banyak santri tidak dapat berbicara dengan bahasa Arab. Oleh karena itu, penyususunan materi ajar khusus maharah kalam yang disesuaikan dengan tema-tema santri dianggap sebagai solusi alternatif untuk meningkatkan kemampuan berbicara santri. Dalam penelitian ini, peneliti mengunakan penelitian eksperimen. Peneliti telah melakukan observasi terlebih dahulu sebelum melakukan penyusunan materi pembelajaran di Pondok Pesantren Yanabi’ul ‘Ulum Wal Hikam Sidoresmo Surabaya. Setelah mendapat data yang diperlukan, mulailah peneliti mengembangkan materi ajar yang sesuai dengan kebutuhan santri Pondok Pesantren Yanabi’ul ‘Ulum Wal Hikam. Dan mengukur efektifitas pengembangan materi ajar yang telah tersusun sehingga menjadi materi ajar yang efektif dan bermanfaat untuk santri Pondok Pesantren Yanabi’ul ‘Ulum Wal Hikam Sidoresmo Surabaya. Peneliti menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dalam pelaksanaannya rata-rata yang didapatkan santri di kelas eksperimen 8 dan yang didapatkan santri di kelas kontrol 7. Dan peneliti menganalisis hasil dari test tersebut dengan menggunakan rumus One Sample T-Test. Dengan Hipotesis Ho: tidak ada perbedaan antara hasil dari kelas eksperimen dan kelas kontrol, Ha: ada perbedaan anatara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dan hasil penghitungan rumus T-Test menunjukkan bahwa T-Hitung lebih besar dari T-Tabel (2,032<14,512>2,728), maka terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Maka terdapat efektifitas dari penggunaan materi ajar yang disusun dalam pengembangan kompetensi berbicara santri dalam pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Yanabi’ul ‘Ulum Wal Hikam Sidoresmo Surabaya.

Email:
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan > Media
Pendidikan > Komunikasi
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muid Faruq Abdul
Date Deposited: 12 Jan 2017 07:11
Last Modified: 12 Jan 2017 07:11
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/14801

Actions (login required)

View Item View Item